Pengembangan Model Problem Investigate Based Learning pada Mata Kuliah Data Mining

Zulham, Zulham (2021) Pengembangan Model Problem Investigate Based Learning pada Mata Kuliah Data Mining. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_ZULHAM_17193074_4216_2021.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Pendidikan ialah salah satu pilar dari pembangunan manusia serta bangsa. Kajian pembangunan manusia sudah menjadikan pembelajaran bagaikan aspek berarti dalam mewujudkan peradaban negeri. Oleh sebab itu, pemerintah Indonesia menjadikan pembelajaran bagaikan salah satu kebutuhan untuk segala warga, yang tertuang dalam Undang- Undang Dasar 1945 pada pasal 31 ayat 1 kalau masing- masing masyarakat Negeri berhak memperoleh pengajaran, dan pasal 31 ayat 3 yang pula menegaskan kalau Pemerintah mengusahakan serta menyelenggarakan sistem pembelajaran nasional yang tingkatkan keimanan serta ketakwaan dan akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Disamping itu dengan kemajuan teknologi yang saat ini memasuki era revolusi industri 4.0 dunia pendidikan harus memaksimalkan pengetahuan yang mumpuni sehingga bisa bersaing di dunia industri. Dengan begitu peneliti berupaya mencari permasalahan yang dihadapi untuk kemajuan dunia pendidikan khususnya pada mata kuliah Data Mining yang dianggap paling berhubungan dengan perkembangan Teknologi Informasi masa kini. Saat ini mahasiswa belum mendapatkan pemahaman yang selaras dalam mengembangkan dan mengimplementasikan pengetahuannya sehingga mahasiswa kurang kreatif. Bersumber dari pemasalahan tersebut di atas maka peneliti mencari solusi yang tepat guna mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya pada matakuliah Data Mining. Dengan mengembangkan 2 jenis model pembelajaran yaitu Problem Based Learning dan Investigation Group diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berpikir dan kreasi mahasiswa sehingga capaian pendidikan bisa didapatkan. Dari hasil pengembangan yang dilakukan dengan menggunakan Research and Development (R & D) model ADDIE. Dari hasil pengembangan ditemukan Model Pengembangan Problem Investigate Based Learning (PIBL) yang nantinya dipakai untuk pembelajaran mata kuliah data mining dan menghasilkan sintaks baru yaitu, Meet and Understand the Problem, Planning investigation, Carrying out Investigation, Gather and Share the Information, Evaluating Achievement, Determine the Best Fit of Solutions. Hasil pengujian dari model pengembangan yang dilakukan ada peningkatan yang signifikan hasil belajar mahasiswa dari kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengujian dinyatakan praktis, valid dan efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:03
Last Modified: 07 Feb 2022 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36707

Actions (login required)

View Item View Item