Pengembangan Media Video Pembelajaran Sejarah Menggunakan Analisis Historical Thinking

Zafri., Zafri (2021) Pengembangan Media Video Pembelajaran Sejarah Menggunakan Analisis Historical Thinking. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_ZAFRI_0462557_518_2021.pdf

Download (784kB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan di Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang, melalui studi dokumentasi dan observasi ditemukan bahwa pembelajaran sejarah belum mencapai pada tingkat Historical Thinking. Padahal Historical Thinking merupakan cara atau pendekatan berpikir yang menjadi karakteristik dari pembelajaran sejarah itu sendiri. Karakteristik yang membedakannya dengan pembelajaran ilmu lainnya. Untuk mengatasi permasalahan ini, maka dikembangkan suatu media video yang memungkinkan peserta didik dapat mengaplikasikan Historical Thinking dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu merancang media video berlandaskan analisis historical thinking yang layak, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development ( R & D ) yang terdiri dari lima langkah; 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Analysis, berkaitan dengan kajian situasi lapangan dan kebutuhan; Design, berkaitan dengan perancangan model; Development, berkaitan dengan pengembangan model dan penilaian oleh validator; tahap Implementation, berkaitan dengan uji coba terbatas; dan Evalution, berkaitan dengan penilaian Dosen Pembina Mata Kuliah tentang kepraktisan dan keefektifan produk, serta penilaian oleh peserta didik sebagai objek percobaan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa angket dan tes essay. Hasil penilaian dari validator ahli media dan ahli materi menyatakan bahwa media video yang dikembangkan layak digunakan, untuk meningkatkan keterampilan Berpikir Historis mahasiswa dengan tingkat capaian 93% untuk media dan 99% untuk materi. Kemudian dari hasil percobaan penelitian, Dosen Pembina Mata Kuliah menilai bahwa media video yang dibuat sangat praktis, baik dalam perancangannya maupun dalam pengaplikasiannya dengan tingkat capaian 96%. Lebih lanjut Dosen Pembina Mata Kuliah juga menilai bahwa video yang digunakan dalam percobaan ini efektif untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Historis mahasiswa dengan tingkat capaian 88%. Pada sisi lain mahasiswa yang mendapat perlakuan penelitian menilai, bahwa pemakaian media video yang mereka alami dalam pembelajaran efektif, dan keefektifannya ini tidak dipengaruhi oleh perbedaan jenis kelamin, perbedaan asal daerah, dan perbedaan asal SMA. Selain itu, Keefektifan produk ini juga terbukti dari hasil ujian yang dilakukan mahasiswa dengan capaian skor di atas 60% dalam kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:03
Last Modified: 07 Feb 2022 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36705

Actions (login required)

View Item View Item