Meningkatakan Keterampilan Pengucapan Kata melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition bagi Anak Berkesulitan Belajar di SD N 34 Siguntur Tua

Putri, Fifi Melani (2021) Meningkatakan Keterampilan Pengucapan Kata melalui Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition bagi Anak Berkesulitan Belajar di SD N 34 Siguntur Tua. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_FIFI_MELANI_PUTRI_16003136_755_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan ditemukannya permasalahan di SD N 34 Siguntur Tua. Permasalahan ditemukan terhadap seorang anak yang mengalami kesulitan belajar dengan kondisi anak sering menambahkan huruf dan menggantikan huruf dalam membaca. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan keterampilan pengucapan kata bagi anak berkesulitan belajar kelas IV di SD N 34 Siguntur Tua. Jenis penelitian ini eksperimen dalam bentuk single subject research dengan menggunakan desain A-B-A. penelitian ini dilakukan dalam tiga kondisi yaitu kondisi baseline I, intervensi, dan baseline II. Pengumpulan data pada kondisi baseline (A1) dilakukan sebanyak lima kali pengamatan. Kemudian dilanjutkan dengan memberikan dengan menggunakan model pembelajaran CIRC pada intervensi (B) yang dilakukan selama delapan kali pengamatan. Kemudian pada kondisi baseline II (A2) dilakukan sebanyak empat kali pengamatan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes. Teknik analisis data menggunakan teknik visual grafik. Jadi berdasarkan hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan pengucapan kata bagi anak berkesulitan belajar di SD N 34 Siguntur Tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING, KESULITAN BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:02
Last Modified: 07 Feb 2022 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36698

Actions (login required)

View Item View Item