Pengembangan Model Pembelajaran Social Media Assisted Listening Think Pair Share untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi

Ismail, Syofianis (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Social Media Assisted Listening Think Pair Share untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_SYOFIANIS_ISMAIL_15169033_6107_2021.pdf

Download (627kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran masih belum optimal karena masih banyak yang bersifat teacher centered learning. Dalam pembelajaran Listening Comprehension masih menempatkan mahasiswa sebagai pendengar yang tdk efektif (ineffective listener) sehingga belum mendorong pengembangan potensi mahasiswa. Tujuan penelitian disertasi ini adalah untuk mengembangkan model pembelajaran Listening Think Pair Share Berbantuan Media Social yang valid, praktis dan efektif dengan Youtube dan Whatsapp. Pengembangan model ini penting karena media sosial seperti youtube and whatsapp mempunyai potensi yang besar dan diduga dapat meningkatkan listening comprehension mahasiswa secara efektif dan signifikan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R &D) yaitu dengan menggunakan model ADDIE, Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini melibatkan mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris yang mengambil mata kuliah Interpretative and Basic Listening. Untuk menjaga keabsahan produk peneliti melibatkan pakar untuk memvalidasi instrument. Temuan penelitian ini menunjukan bahwa Listening Think Pair Share Learning model yang berbantuan (You tube, Whatsapp) media social adalah valid, efektif dan praktis yang dapat meninkatkan listening skills mahasiswa dalam 4 hal yaitu (1) determine vocabulary meaning from context; (2) identifying main idea with supporting details; (3) Listening for specific purpose and (4) recognizing specific grammatical structures within a setting for students. Kendala yang dihadapi adalah ketersediaan jaringan internet yang tidak stabil serta paket terbatas. Untuk penelitian selanjutnya bisa menggunakan model Pembelajaran ini dengan language skill yang berbeda seperti listening, speaking and writing

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:02
Last Modified: 07 Feb 2022 07:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36696

Actions (login required)

View Item View Item