Blended Learning: Model Perkuliahan Aktuaria Berbasis Android

Suherman, Suherman (2021) Blended Learning: Model Perkuliahan Aktuaria Berbasis Android. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_SUHERMAN_1304346_2021.pdf

Download (682kB) | Preview

Abstract

Sistem pembelajaran Blended learning adalah pembelajaran yang dilakukan dengan mengkombinasikan pendekatan yang berbeda dalam pembelajaran seperti mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online learning atau mengkombinasikan pembelajaran informal dengan pembelajaran formal. Dalam pelaksanaan blended learning mahasiswa masih terlihat mengalami kesulitan dalam mengerti bagaimana blended learning yang dituntut untuk mandiri. Mahasiswa masih menganggap tanpa kehadiran dosen dikatakan masih belum terjadinya proses pembelajaran. Perlu adanya komposisi yang tepat dalam mengelola strategi, online, offline dan tatap muka. Berdasarkan kesuksesan penerapan mobile learning diberbagai penelitian yang berhubungan dengan penggunaan perangkat android, dan untuk penyokong sistem pembelajaran blended learning yang direncanakan, maka perlu dikembangkan Blended Learning : Model Perkuliahan Aktuaria Berbasis Android. Pengembangan Blended Learning : Model Perkuliahan Aktuaria Berbasis Android ini memanfaatkan design research yang mengkobinasikan tiga jenis model pengembangan yaitu (1) model pengembangan Gerlach & Ely, (2) model pengembangan Kemp, dan (3) model pengembangan IDI. Model pengembangan hasil kombinasi ketiga model tersebut dinamakan Model Pengembangan Perkuliahan Aktuaria Berbasis Android (PABA). Model Pengembangan PABA terdiri atas tiga tahap, yaitu (1) Tahap Perancangan, (2) Tahap Pengembangan, dan (3) Tahap Pengevaluasian. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Semester IV Program Studi Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumen, wawancara, observasi, penyebaran kuesioner, dan tes. Penelitian ini menghasilkan Blended Learning : Model Perkuliahan Aktuaria Berbasis Android yang dihasilkan memiliki perangkat yang (1) valid, dengan karakteristik sangat valid dan sesuai dengan kebutuhan, (2) praktis, dengan karakteristik dapat digunakan, mudah digunakan, dan memiliki daya tarik yang sangat baik; dan (3) efektif, bahwa Blended Learning : model Perkuliahan Aktuaria Berbasis Android yang dikembangkan berdampak terhadap baik kemampuan hasil belajar mahasiswa

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:42
Last Modified: 07 Feb 2022 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36691

Actions (login required)

View Item View Item