Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas XI SMA Adabiah Padang

Ifadah, Muhimatul (2021) Implementasi Pendidikan Karakter dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas XI SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MUHIMATUL_IFADAH_17016199_4298_2021.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hal-hal berikut. Pertama, untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Kedua, untuk mendeskripsikan faktor penghambat yang dihadapi dalam implementasi pendidikan karakter untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Ketiga, untuk mengetahui upaya apa yang dilakukan dalam implementasi pendidikan karakter mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data kualitatif diperoleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik penganalisaan data menggunakan analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Pada proses pembelajaran guru mengimplementasikan beberapa nilai karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia seperti implementasi nilai santun melalui salam pembuka dan penutup. Nilai tanggung jawab juga selalu diimplementasikan dalam proses pembelajaran yaitu saat diberikan amanah harus dijaga. Menumbuhkan rasa ingin tahu dapat melalui apersepsi dan pengunaan media, metode, serta strategi. Kedua, faktor penghambat implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas XI SMA Adabiah Padang yaitu kurangnya kesadaran siswa dalam mentaati aturan, motivasi belajar siswa masih kurang, kesadaran siswa atas tugas dan tanggung jawab masih kurang. Ketiga, upaya yang dilakukan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada kelas XI SMA Adabiah Padang yaitu guru memberi teladan kepada siswanya untuk disiplin waktu, guru memberi teladan dengan mentaati aturan, selalu mengecek kehadiran siswa, memberi hukuman kepada siswa yang melanggar aturan, memberi perhatian yang sama kepada semua siswa, memberi kesempatan siswa untuk mengungkapkan pendapatnya, memberi kesempatan siswa untuk bertanya, mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait materi, membiasakan siswa mengerjakan tugasnya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA Adabiah Padang telah dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: , PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:41
Last Modified: 07 Feb 2022 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36678

Actions (login required)

View Item View Item