Perbandingan Pendapatan Nelayan Tangkap (Payang dan Bagan) di Nagari Muara Kandis Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan

Kurniawan, Doby (2021) Perbandingan Pendapatan Nelayan Tangkap (Payang dan Bagan) di Nagari Muara Kandis Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_DOBY_KURNIAWAN_14045018_3152_2021.pdf

Download (778kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui sejauh mana jangkauan tangkapan ikan N elayan Pa yang dan Bagan Muara Kandis di Kecamatan Linggo Sari Baganti. Untuk mengetahui jenis tangkapan nelayan Payang dan Bagan Muara Kandis di Kecamatan Linggo Sari Baganti.Untuk mengetahui perbandingan pendapatan nelayan tangkap payang dan bagan di nagari muara kandis kecamatan linggo sari baganti.Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi Pendapatan nelayan Payang dan Bagan Muara Kandis di Kecamatan Linggo Sari Baganti. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah Metode penelitian Kuantitatif deskriptif dengan menggunakan kuesioner penelitian dan teknik wawancara serta pengamatan langsung kelapangan. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) wilayah cakupan tangkapan Bagan lebih luas dibandingkan dengan wilayah cakupan tangkapan Payang. wilayah cakupan tangkapan bagan berkisar sekitar +/- 100 km dari permukaan/garis pantai. luasnya jangkauan tangkapan Bagan 10 kali lebih besar daripada jangkauan tangkapan nelayan payang. 2) Jenis tangkapan Nelayan bagan berupa ikan Teri, ikan Tongkol, ikan Bawal Hitam dan ikan Bawal Putih. Sementara hasil tangkapan nelayan payang berupa ikan Teri, ikan Tongkol, ikan Layur dan ikan Kuwe Gerong atau Belitong. 3) Perbandingan pendapatan nelayan bagan berjumlah sebesar Rp. Rp. 3,158,333,- (Tiga juta seratus Zima puluh delapan ribu tiga ratus tiga puluh tiga rupiah), pendapatan rata-rata nelayan Bagan ini paling tinggi dibandingkan pendapatan nelayan Payang yang hanya berjumlah sebesar Rp. 2,740,833,-.Untuk pendapatan paling rendah bagi Nelayan Bagan berjumlah sebesar Rp. 2.680.000. 4) Faktor internal misalnya pertumbuhan penduduk yang cepat, kurang berani mengambil resiko, cepat puas dan kebiasaan lain yang tidak mengandung modemisasi, Faktor ekstemal yang mengakibatkan kemiskinan rumah tangga nelayan lapisan bawah antara lain proses produksi didominasi oleh toke pemilik perahu atau modal dan sifat pemasaran produksi hanya di kuasai kelompok dalam bentuk pasar monopsoni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:41
Last Modified: 07 Feb 2022 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36677

Actions (login required)

View Item View Item