Meningkatkan Keterampilan Tata Busana Membuat Pola Rok melalui Metode Self RegulatedLearning Bagi Anak Tunarungu.

Hasneli, Fatma (2021) Meningkatkan Keterampilan Tata Busana Membuat Pola Rok melalui Metode Self RegulatedLearning Bagi Anak Tunarungu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_FATMA_HASNELI_18003181_1054_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan berdasarkan permasalahan yang ditemui di SLB Negeri 1 Ranah Pesisir pada kelas IX yang dilatar belakangi oleh dua siswa GA dan GE yang merasa kesusahan dalam membuat pola rok A Line. Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk: 1. Mengetahui proses peningkatan keterampilan tata busana membuat pola rok melalui Selft Regulated Learning bagi anak tunarungu kelas IX di SLB Negeri 1 Ranah Pesisir. 2. Membuktikan apakah Selft Regulated Learning dapat meningkatkan keterampilan tata busana membuat pola rok bagi anak tunarungu kelas IX di SLB Negeri 1 Ranah Pesisir. Penelitian ini menggunakan self regulated lerning dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan teman sejawat. Sabjek penelitian adalah anak tunarungu kelas IX. Dalam penelitian ini data yang diperoleh melalui observasi dan penelitian praktik yang kemudian di analisis secara kualitatif dan kuntitatif. Kegiatan penelitian dilakukan sebanyak dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Kegiatan diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian sebelum diberi tindakan menunjukan kemampuan awal anak tunarungu pada keterampilan tata busana membuat pola rok yaitu: GA mendapatkan nilai 37,14%, sedangkan GE mendapatkan nilai 32,85%. Pada siklus I mengalami peningkatan, GA mendapatkan nila 81,43% dan Ge mendapat nilai 81,43%. Pada akhir siklus II nilai Siswa menjadi meningkat drastis GA memperoleh nilai 100% dan GE juga memperoleh nilai 100%. Berdasarkan peningkatan nilai pada setiap siklus dapat disimpulkan bahwa penerapan self regulated learning pada pembelajaran anak keterampilan tata busana dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat pola rok bagi anak tunarungu kelas IX di SLB Negeri 1 Ranah Pesisir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN, ANAK TUNARUNGU, TATA BUSANA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 07 Feb 2022 03:41
Last Modified: 07 Feb 2022 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36676

Actions (login required)

View Item View Item