Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Online Mata Pelajaran Geografi Di Sma Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar

Chairani, Cintia (2021) Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Online Mata Pelajaran Geografi Di Sma Negeri 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_CINTIA_CHAIRANI_170451052_5309_2021.pdf

Download (668kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan- kesulitan yang dialami siswa dalam proses pembelajaran online geografi dan upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 X Koto. Sampel dalam Penelitian ini ditentukan dengan teknik Purposive Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan penyebaran angket melalui google form. Penelitian ini menemukan: 1) Siswa kurang tertarik, tidak merasa termotivasi dan sulit untuk berkonsentrasi. Faktor penyebabnya antara lain, faktor internal yaitu 17 ,5% responden mengeluhkan gangguan kesehatan. Sedangkan faktor eksternal yaitu, 75% responden kekurangan perangkat penunjang belajar online berupa komputer, laptop atau smartphone. Kemudian 77,5% respnden menyatakan tidak berkecukupan dalam paket internet. Terakhhir, 55% menyatakan kondisi tempat tinggal yang tidak kondusif untuk pembelajaran. 2) upaya yang dilakukan untuk mengatasinya yaitu, guru menggabungkan beberapa kelas dalam sekali pertemuan dan mengurangi penggunaan aplikasi virtual meeting. Guru memberi reward ataupun sanksi berupa hukuman dan menyediakan konseling online. Hal serupa juga dilakukan oleh orangtua siswa dengan memberi reward jika anaknya berhasil dalam belajar dan hukuman jika perilakunya menyimpang. Orangtua juga memberikan perhatian, bimbingan dan pengawasan yang lebih selama pembelajaran online. Terakhir, upaya dari siswa adalah mereka meningkatkan kesadaran diri sendiri untuk belajar seperti mengikuti konseling online guru bk dan guru mata pelajaran. Kemudian siswa juga saling membantu sama lain untuk menemukan solusi dari kesulitan dan permasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 04 Feb 2022 07:54
Last Modified: 04 Feb 2022 07:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36664

Actions (login required)

View Item View Item