Peningkatan Kompetensi Belajar Mahasiswa Prodi Vokasi Teknik Elektro ITP melalui Model Pembelajaran Employability Skill

Bandri, Sepannur (2021) Peningkatan Kompetensi Belajar Mahasiswa Prodi Vokasi Teknik Elektro ITP melalui Model Pembelajaran Employability Skill. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_SEPANNUR_BANDRI_15193044_711_2021.pdf

Download (793kB) | Preview

Abstract

Terjadinya perubahan pola bekerja yang sangat cepat pada era revolusi industri 4.0 menuntut pekerja yang memiliki keterampilan generik dan keterampilan spesifik untuk menghadapi situasi baru dan situasi yang sudah biasa. Keterampilan generik yang dibutuhkan antara lain kemampuan dalam bernalar, jujur, disiplin, pekerja keras, bertanggung jawab, mampu memecahkan masalah, mampu berkomunikasi dengan baik, dan mampu bekerja sama. Namun keterampilan generik belum dikembangkan secara maksimal pada prodi vokasi Institut Teknologi Padang. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran employability skill untuk meningkatkan kompetensi belajar ranah pengetahuan, keterampilan dan sikap mahasiswa prodi vokasi ITP. Kompetensi belajar pada ranah sikap yang dikembangkan adalah kemampuan pemecahan masalah, berpikir kritis, kerjasama, komunikasi, bekerja keras dan disiplin. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu analisis kebutuhan, perancangan model, pengembangan model, implementasi model dan evaluasi. Sampel uji coba adalah mahasiswa prodi vokasi ITP yang sedang mengambil mata kuliah Instalasi Listrik. Validasi model pembelajaran dilakukan oleh 5 pakar sedangkan uji praktikalitas dan efektivitas dilakukan pada kelompok kecil yang terdiri dari 8 mahasiswa dan kelompok besar terdiri dari 16 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran employability skill efektif dalam meningkatkan kompetensi belajar mahasiswa pada ranah pengetahuan, keterampilan, dan employability skill. Peningkatan kompetensi belajar terjadi baik pada pelaksanaan uji coba kelompok kecil maupun kelompok besar. Hasil yang didapat pada kelompok besar untuk ranah pengetahuan adalah 0,33 (gain score) dan ranah keterampilan dan employability skill sebesar 93,8 dan 71,5. Terjadinya peningkatan kompetensi belajar mahasiswa pada ketiga ranah disebabkan sintaks model yang memberi kesempatan kepada semua mahasiswa untuk belajar secara individu dan kelompok. Pembelajaran secara individu dan kelompok secara nyata dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan yang menjadi target model pembelajaran employability skill seperti kemampuan pemecahan masalah, komunikasi, kerjasama, bekerja keras disiplin dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Feb 2022 07:53
Last Modified: 04 Feb 2022 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36663

Actions (login required)

View Item View Item