Model Konseling Real-Life Story (RELIST) untuk Mengembangkan Karakter Mahasiswa

Nurfarhanah, Nurfarhanah (2021) Model Konseling Real-Life Story (RELIST) untuk Mengembangkan Karakter Mahasiswa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_NURFARHANAH_1204385_462_2021.pdf

Download (650kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil temuan pada penelitian pendahuluan yang dilakukan terhadap mahasiswa S1 kependidikan angkatan 2016 di Universitas Negeri Padang. Diperoleh profil karakter mahasiswa pada umumnya berada pada kategori tidak berkembang, selain itu terlihat adanya ketidaksesuaian antara kebijakan yang telah dilakukan dengan pengembangan nilai-nilai karakter mahasiswa. Hal ini dapat terjadi karena belum konsistennya pengimplementasian nilai-nilai karakter dalam bentuk praktik nyata. Berkaitan dengan itu perlu adanya program pengembangan karakter yang terwujud dalam perilaku berkarakter yang berkelanjutan. Rumusan masalah penelitian ini adalah; 1) bagaimana hasil analisis kebutuhan untuk merumuskan aspek-aspek yang dikembangkan untuk mengembangkan karakter mahasiswa?, 2) bagaimana model konseling Real-Life Story (RELIST) yang valid, praktis dan efektif untuk mengembangkan karakter mahasiswa?. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Sesuai dengan data hasil need assessment, disusun garis-garis besar isi model, dihasilkan prototype model yang telah divalidasi, diujicobakan terbatas pada kelompok kecil dan dilakukan evaluasi terhadap masing-masing tahap. Data penelitian dikumpulkan menggunakan kuesioner and observasi. Data yang terkumpul kemudian dilakukan analisa menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini menghasilkan 3 (tiga) produk yaitu Buku Model, Panduan Praktik Konselor, Lembar Aktivitas Karakter Mahasiswa (LAKM). Ketiga produk tersebut dinyatakan valid oleh ahli baik dari aspek isi serta cover & sistematika sehingga layak digunakan. Sedangkan uji efektivitas menunjukkan bahwa model konseling Real-Life Story (RELIST) ini efektif mengembangkan karakter mahasiswa. Berdasarkan temuan penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa model konseling Real-Life Story (RELIST) untuk mengembangkan karakter mahasiswa ini valid dan praktis serta dinilai tepat/sesuai/layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Feb 2022 07:53
Last Modified: 04 Feb 2022 07:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36656

Actions (login required)

View Item View Item