Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa

Asda, Viola Dwicha and Andromeda, Andromeda (2021) Efektivitas E-modul Berbasis Guided Inquiry Learning Terintegrasi Virlabs dan Multirepresentasi pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit terhadap Hasil Belajar Siswa. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3 (3). pp. 710-716. ISSN p-ISSN 2656-8063 e-ISSN 2656-8071

[img]
Preview
Text
ANDROMEDA_Efektivitas_E_Modul_Berbasis_Guided_Inquiry_Terbimbing_Terintegrasi_Virlabs_Multirepresentasi_pada_Materi_Larutan_Elektrolit_Non_Elektrolit_terhadap_Hasil_Belajar_Siswa.pdf

Download (255kB) | Preview
Official URL: https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan di MAN 2 Pesisir Selatan didapatkan data bahwa 69% siswa sulit memahami konsep dari materi larutan elektrolit dan nonelektrolit yang memiliki sifat abstrak. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis tingkat efektivitas e-modul berbasis guided inquiry learning terintegrasi virlabs dan multirepresentasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan motode eksperimen semu dalam bentuk nonequivalent control group design. Populasi terdiri dari semua siswa kelas X MAN 2 Pesisir Selatan tahun ajaran 2020/2021 dan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang memiliki validitas, daya pembeda, reliabilitas dan indeks kesukaran dengan kriteria soal baik. Tingkat efektivitas e-modul berbasis inkuiri terbimbing diketahui melalui uji n-gain. Hasil analisis nilai n-gain diperoleh dengan nilai g = 0,85 menyatakan bahwa e-modul berbasis guided inquiry learning terintegrasi virlabs dan multirepresentasi pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit efektif terhadap hasil belajar dengan kriteria tinggi sehingga e-modul ini efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Guided Inquiry Learning, E-Modul, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit, Hasil Belajar.

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Feb 2022 08:10
Last Modified: 04 Feb 2022 08:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36655

Actions (login required)

View Item View Item