Pembuatan Penuntun Pratikum Kimia Sederhana dan Penerapannya

Hardeli, Hardeli and Azra, Fajriah and Suryelita, Suryelita and Yerimadesi, Yerimadesi and Andromeda, Andromeda and Nadiya, UP and Asri, Shelvy Wellmida (2021) Pembuatan Penuntun Pratikum Kimia Sederhana dan Penerapannya. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EFPP), 1 (2). pp. 232-243. ISSN Online: 2747-7538 dan Print: 2746-7538

[img]
Preview
Text
ANDROMEDA_Pembuatan_Penuntun_Praktikum_Kimia_Sederhana_dan_Penerapannya.pdf

Download (500kB) | Preview
Official URL: https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/EJPP/ar...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat penuntun praktikum sederhana bagi siswa sekolah menengah atas dan menentukan tingkat validitas, kepraktisan dan efektif dari penuntun praktikum tersebut. Jenis penelitian ini adalah Research dan Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahap: penelitian pendahuluan, tahap prototipe, dan tahap penilaian. Instrumen penelitian adalah kuesioner validitas, kepraktisan dan efektifitas. Panduan Praktis alternatif berbasis lingkungan divalidasi oleh 4 orang validator dan diuji kepada 17 siswa kelas XII IPA 3 SMAN 2 Bayang dan 29 siswa kelas XI IPA 4 SMAN 1 Batang Kapas tahun akademik 2017/2018. Data validitas, kepraktisan dan efektif dianalisis dengan rumus Kappa Cohen. Momen kappa validitas adalah 0,79 dengan kategori validitas tinggi. Tingkat kepraktisan kuesioner respon guru diperoleh dengan nilai 0,84 dengan kategori kepraktisan tertinggi. Berdasarkan kuesioner respon siswa, nilai momen kappa adalah 0,77 pada SMAN 2 Bayang dan 0,90 pada SMAN 1 Batang Kapas dengan kategori kepraktisan tinggi untuk uji kelompok kecil, dan nilai momen kappa adalah 0,81 pada SMAN 2 Bayang dan 0,84 di SMAN 1 Batang Kapas dengan kategori kepraktisan tertinggi dalam uji lapangan. Tingkat efektivitas kuesioner respon guru diperoleh nilai 0,89 dengan tingkat efektivitas yang sangat tinggi. Berdasarkan kuesioner respon siswa, nilai momen kappa adalah 0,76 dengan kategori efektifitas tinggi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penuntun alternatif berbasis panduan praktis bagi siswa SMA memiliki kategori validitas tinggi, kategori kepraktisan tertinggi, kategori efektifitas tinggi dari siswa dan efektivitas tertinggi dari guru

Item Type: Article
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:17
Last Modified: 04 Feb 2022 05:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36644

Actions (login required)

View Item View Item