Efektivitas Permainan Colorfull Ball Run dalam Meningkatkan Kecepatan Lari Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 1 Painan.

Asani, Afif (2021) Efektivitas Permainan Colorfull Ball Run dalam Meningkatkan Kecepatan Lari Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 1 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_AFIF_ASANI_16003068_1006_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan pada anak tunagrahita ringan kelas VI/C di SLB Negeri 1 Painan, yang mengalami permasalahan pada aspek kecepatan lari. Pada saat berlari anak membutuhkan waktu yang lebih lama dari pada temannya yang lain atau dengan kata lain anak tergolong memiliki kecepatan lari yang rendah. Berdasarkan permasalahan diatas, maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan media permainan Colorfull Balls Run efektif dalam meningkatkan kecepatan lari anak tunagrahita ringan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu desain A1-B-A2, dengan metode Single Subject Research (SSR) dengan target yaitu meningkatkan kecepatan lari anak tunagrahita ringan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media Colorfull Balls Run efektif dalam meningkatkan kecepatan lari pada anak tunagrahita ringan. Catatan waktu kecepatan lari yang diperoleh anak sebelum diberikannya intervensi (A1) adalah 9,8 detik, ketika diberikannya intervensi, catatan waktu terakhir yang diperoleh adalah 8,7 detik, setelah diberikannya intervensi atau perlakuan, anak memperoleh catatan waktu kecepatan lari dengan angka 7,8 detik. Pada analisis dalam kondisi dengan jumlah variabel yang dianalisis dengan hasil analisis kecenderungan stabilitas pada kondisi A1=80%, B=87,5% dan A2=100%. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian intervensi dengan menggunakan media permainan Colorfull Balls Run efektif dalam meningkatkan kecepatan lari pada anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LARI, TUNAGRAHITA RINGAN, PERMAIANAN
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:53
Last Modified: 04 Feb 2022 05:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36642

Actions (login required)

View Item View Item