Pengembangan Model DECONs pada Perancangan Fashion Dekonstruksi

Tristantie, Nining (2021) Pengembangan Model DECONs pada Perancangan Fashion Dekonstruksi. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_NINING_TRISTANTIE_14193017_5017_2021.pdf

Download (871kB) | Preview

Abstract

Penelitian berangkat dari permasalahan rendahnya kreativitas dan inovasi pada pembelajaran desain busana. Tingginya kompetisi dan peluang yang terbuka luas dalam bidang industri kreatif di Indonesia namun minim tenaga terampil dibidang desain fashion. Berdasarkan dari studi pendahuluan dan analisis kebutuhan pada mata kuliah Desain Busana ditemukan permasalahan pembelajaran yang belum optimal serta kurangnya implementasi teknologi untuk menstimulasi kreativitas dan inovasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model DECONs untuk perancangan fashion Dekonstruksi yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development), metode dan prosedur pengembangan yang digunakan diadaptasi oleh Borg and Gall. Subjek penelitian ini melibatkan empat orang dosen dan 66 orang mahasiswa yang dibagi pada kelas kontrol dan eksperimen.Tahap pengembanagan model dilakukan dengan lima langkah yaitu; 1) penelitian pendahuluan, 2) perencanaan dan pengembangan model, 3) validasi ahli dan revisi, 4) pengujian model dan evaluasi, 5) tahap akhir model dan laporan. Untuk menentukan validitas model menggunakan uji pakar dan Focus Discusion Group (FGD). Uji efektivitas menggunakan Instrumen Pretest, dan Posttest yang dilaksanakan pada dua kelompok kelas yaitu eksperimen dan kontrol. Tingkat efektivitas diukur dari peningkatan hasil belajar (kognitif, afektif dan psikomotor). Analisa data dilakukan secara deskriptif kualitatif atas data kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan model DECONs yangn menekankan pada keterampilan berfikir kritis yaitu HOTs dan Metakognisi untuk teknologi Dekonstruksi perancangan fashion dengan lima sintak meliputi; 1) Description of problems, 2) Elaborating problems, 3) Countering facts, 4) Organizing problem solutions, 5) Narration by searching prorotype. Penerapan model DECONs berdasarkan Uji validitas pada Model dan sistem pendukung oleh para pakar telah memenuhi kriteria dan dapat digunakan. Uji praktikalitas pada Model menurut dosen dengan nilai rata-rata 89,47 berada pada kategori sangat praktis dan menurut mahasiswa dengan nilai 89,42. Uji Efektivitas pada aspek Afeksi menunjukkan peningkatan kemampuan dalam membangun disiplin, komitmen, tanggung jawab, komunikasi, gotong royong, percaya diri dan integritas. Pada aspek kognisi hasil belajar menunjukkan peningkatan dibanding kelas yang menggunakan model tradisisonal. Implikasi dari penelitian ini adalah Model DECONs dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi untuk hasil belajar menggunakan teknologi fashion dekonstruksi pada mata kuliah desain busana. Model DECONs merupakan alternatif pembelajaran untuk menciptakan lulusan yang mampu mengikuti perkembangan industri kreatif fashion tanah air.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:52
Last Modified: 04 Feb 2022 05:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36631

Actions (login required)

View Item View Item