Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi.

Clarisa, Anne (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Discovery Learning di Kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ANNE_CLARISA_17129123_2401_2021.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan dalam melaksanakan pembelajaran guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam mengidentifikasi masalah dalam meteri pelajaran dan guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik dalam mengolah suatu data atau informasi yang diterimanya terkait materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu dengan model Discovery Learning di kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi dengan jumlah 24 orang diantaranya 9 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Prosedur penelitian meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data adalah tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: 1) Perencanaan pembelajaran yaitu siklus Idengan rata-rata 81,94% (B), meningkat pada siklus II menjadi 94,44% (SB). 2) Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari aktivitas guru siklus I dengan rata-rata 81,25% (B), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (SB) serta aktivitas peserta didik siklus I dengan rata-rata 78,12% (C), meningkat pada siklus II menjadi 93,75% (SB). 3) Hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu diperoleh nilai rata-rata 74,76 (D), meningkat pada siklus II yaitu diperoleh nilai rata-rata 85 (B). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan di atas dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 04 Garegeh Kota Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL DISCOVERY LEARNING, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:52
Last Modified: 04 Feb 2022 05:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36628

Actions (login required)

View Item View Item