Pengaruh Kreativitas, Interaksi Sosial, Motivasi Berwirausaha, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Padang

Arifin, M (2021) Pengaruh Kreativitas, Interaksi Sosial, Motivasi Berwirausaha, dan Pengetahuan Kewirausahaan terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_M_ARIFIN_0791693_162_2021.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebab yang mempengaruhi animo berwirausaha mahasiswa di Universitas Negeri Padang, dikaji dari kreativitas, interaksi sosial, motivasi berwirausaha, dan pengetahuan kewirausahaan. Sebab, mindset pekerja masih melekat erat dan menjadi populer bagi kalangan lulusan perguruan tinggi dibandingkan menjadi seorang wirausaha. Penlitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan diagram jalur. Populasi penelitian ini adalah seluruh lulusan Universitas Negeri Padang saat penelitian ini dilangsungkan antara tahun masuk 2017, 2018, dan 2019 dengan total 25577 mahasiswa. Sampel penelitian berjumlah 200 mahasiswa dan diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis secara deskriptif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara langsung antara variabel kreativitas, interaksi sosial, motivasi berwirausaha dan pengetahuan kewirausahaan terhadap minat wirausaha mahasiswa di Universitas Negeri Padang. Pengaruh langsung kreativitas (X1) terhadap minat wirausaha (Y) sebesar 24,11 %, pengaruh langsung interaksi sosial (X2) terhadap minat wirausaha (Y) sebesar 29.5 %, pengaruh langsung motivasi berwirausaha (X3) terhadap minat wirausaha (Y) sebesar 31.8 %, pengaruh langsung pengetahuan berwirausaha terhadap minat wirausaha sebesar 18.5%. Pengaruh langsung kreativitas (X1) terhadap pengetahuan kewirausahaan (X4) sebesar 19.2 %, pengaruh langsung interaksi sosial (X2) terhadap pengetahuan kewirausahaan (X4) sebesar 20 %, dan pengaruh langsung motivasi berwirausaha (X3) terhadap pengetahuan kewirausahaan (X4) sebesar 18%. Dengan demikian untuk meningkatkan minat wirausaha mahasiswa dapat dilakukan melalui peningkatan kreativitas, interaksi sosial, motivasi berwirausaha, dan pengetahuan kewirausahaan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:52
Last Modified: 04 Feb 2022 05:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36627

Actions (login required)

View Item View Item