Formulasi Kebijakan Lingkungan Kesehatan dalam Penanggulangan Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Payakumbuh Sumatera Barat

Handayuni, Linda (2021) Formulasi Kebijakan Lingkungan Kesehatan dalam Penanggulangan Dampak Kebakaran Hutan dan Lahan di Kota Payakumbuh Sumatera Barat. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_LINDA_HANDAYUNI_16327007_463_2021.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Indonesia seolah menjadi rutinitas tahunan dalam dua puluh tahun terakhir. Kota Payakumbuh merupakan wilayah terdekat dari Propinsi Riau yang terkena dampak kebakaran hutan dan lahan. Pemerintah seolah tidak mampu dan tidak berdaya menghadapi dampak bencana ini. Hampir semua kalangan masyarakat merasa dampak terhadap kebakaran hutan dan lahan, upaya yan telah dilakukan dalam pengambilan kebijakan terhadap kebakaran hutan dan lahan untuk melindungi masyarakat belum sepenuhnya teratasi. Tujuan penelitian ini menghasilkan pemecahan masalah dampak kebakaran hutan yang dituangkan dalam formulasi kebijakan kesehatan lingkungan dalam rangka menurunkan dampak yang ditimbulkan oleh kabut asap di Kota Payakumbuh Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan untuk merumuskan formulasi kebijakan kesehatan lingkungan digunakan siklus kebijakan ideal dilakukan di Kota Payakumbuh pada masyarakat dan dinas kesehatan. Dengan jumlah populasi 129.751 dengan sampel 118 Teknik pengumpulan data dengan pembagian angket pada masing-masing dinas terkait dan masyarakat. Analisa Instrumen Penelitian yang sahid akan diambil menjadi butir-butir yang dijadikan sebagai alat pengumpul data dan akan dapat diketahui setelah melakukan uji coba validitas / kesahihan dan keterhandalan dalam butir, dengan pengujian. Dari hasil penelitian terhadap dampak kebakaran hutan dan lahan terhadap kesehatan bisa diatasi dengan adanya usulan kebijakan yang sudah dirumuskan. Dalam penanganan dampak kebakaran hutan dibutuh tenaga extra, Perumusan materi disesuaikan dengan Pencapaian dasar yang ada pada Formulasi.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Kajian Lingkungan dan Pembangunan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:52
Last Modified: 04 Feb 2022 05:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36625

Actions (login required)

View Item View Item