Pengembangan Model Pembelajaran Mu‟allim (Tutor Sebaya) dalam Pembelajaran Alquran berbasis E-book

Khadijah, Khadijah (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Mu‟allim (Tutor Sebaya) dalam Pembelajaran Alquran berbasis E-book. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_KHADIJAH_1104256_4813_2021.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan dan analisis kebutuhan yang dilakukan dalam mata kuliah Tahsinul Qur‟an ditemukan masalah bahwa kemampuan baca Alquran mahasiswa belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Model Mu‟allim dalam Pembelajaran Alquran berbasis E-book pada mahasiswa yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan ( Research and Development), metode dan prosedur pengembangan yang digunakan merujuk pada model ADDIE (Analysis, Design,Development, Implementation and Evaluation). Produk berupa buku E-book, pedoman dosen dan mahasiswa serta RPS, yang dihasilkan diuji validitas, praktikalitas dan efektivitasnya. Temuan penelitian adalah sebuah model Mu‟allim berbasis E-book dalam pembelajaran Alquran yang dilengkapi dengan buku ( e-book), buku pedoman dosen dan mahasiswa. Model dan system pendukung memenuhi kriteria validitas, disusun berbasis model penelitian dan pengembangan dan layak digunakan menurut para pakar. Model yang dihasilkan dikatakan valid dengan nilai 80,98 , dan nilai RPS 80,2, praktis menurut dosen dengan nilai 80,95 , praktis dari mahasiswa dengan nilaii 80,1. Dan tingkat efektifitas model ini terhadap terhadap hasil belajar adalah menunjukkan nilai t 2,828 >dari 2,756 , yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Penelitian ini telah menghasilkan Model Mu‟allim berbasis E-book dalam pembelajaran Alquran yang valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Feb 2022 05:52
Last Modified: 04 Feb 2022 05:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36623

Actions (login required)

View Item View Item