Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran seni Tari pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP N 4 Tarusan

Rahmayanti, Dia (2021) Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran seni Tari pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP N 4 Tarusan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_DIA_RAHMAYANTI_1702308506_3249_2021.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mendeskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Demonstrasi dan Metode Ceramah dalam pembelajaran seni tari di SMP N 4 Tarusan, Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini akan dilakukan 2 siklus, siklus I dilakukan 2 kali pertemuan dan siklus II dilakukan 2 kali pertemuan. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi dan tes pengetahuan siswa. Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi ( pengamatan), tes hasil belajar ( tes untuk kerja) dan tes motivasi siswa dalam mata pelajaran seni budaya ( tari), selanjutnya di lengkapi dengan dokumentasi. Data di analisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Metode Demonstrasi dan ceramah dalam pembelajaran seni budaya khususnya seni tari pada kelas VIII.3 SMP N 4 Tarusan, Pesisir Selatan dapat meningkat hasil belajar Disamping itu penggunaan Metode Demonstrasi, Metode Ceramah dan media juga dapat menghindari kejenuhan pada siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar,sehingga dapat menumbuhkan motivasi siswa, dan pembelajaran lebih menyenangkan. Hal ini terbukti dengan adanya hasil belajar siswa kelas VIII.3 pada siklus I hasil belajar siswa rata-rata 61,61, dengan kriteria cukup baik.selanjutnya motivasi siswa terhadap mata pelajaran seni budaya (tari) rata-rata 53 dengan kriteria kurang baik. Pada siklus ke II hasil belajar siswa meningkat rata-rata 84,51denan kriteria sangat baik. selanjutnya motivasibelajar siswa terhadap mata pelajaran seni tari rata-rata 69.00 dengan kriteria cukup baik. Dapat disimpulkan pemilihan strategi dengan menggunakan Metode Demonstrasi, metode ceramah dan media telah berhasil mencapai target diatas KKM yaitu 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN SENI TARI
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Feb 2022 01:12
Last Modified: 04 Feb 2022 01:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36608

Actions (login required)

View Item View Item