Hasibuan, Siti Rahma and Andromeda, Andromeda (2021) Efektivitas Penggunaan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAS Nurul ‘Ilmi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3 (2). pp. 7-12. ISSN 2655-0865
|
Text
ANDRPMEDa_Efektivitas_Penggunaan_E_Modul_Sistem_Koloid_Berbasis_Inkuiri_Terbimbing_Terintegrasi_Laboratorium_Virtual_Terhadap_Hasil_Belajar_Peserta_Didik.pdf Download (238kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian pengembangan e-modul sistem koloid berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi laboratorium virtual yang telah diuji validitas dan praktikalitas, namun belum diuji efektivitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul sistem koloid berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi laboratorium virtual terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAS Nurul 'Ilmi. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain One-Group-Pretest-Posttest. Hasil uji t pada taraf nyata 0,05 yaitu t hitung (2.82) > t tabel (1.68). Nilai N-Gain pada kelas subjek 0.54. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-modul sistem koloid berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi laboratorium virtual efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAS Nurul ‘Ilmi.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1 |
Depositing User: | Mrs. Wiwi Sartika |
Date Deposited: | 04 Feb 2022 00:50 |
Last Modified: | 04 Feb 2022 00:50 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36606 |
Actions (login required)
View Item |