Efektivitas Penggunaan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAS Nurul ‘Ilmi

Hasibuan, Siti Rahma and Andromeda, Andromeda (2021) Efektivitas Penggunaan E-Modul Sistem Koloid Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAS Nurul ‘Ilmi. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3 (2). pp. 7-12. ISSN 2655-0865

[img]
Preview
Text
ANDRPMEDa_Efektivitas_Penggunaan_E_Modul_Sistem_Koloid_Berbasis_Inkuiri_Terbimbing_Terintegrasi_Laboratorium_Virtual_Terhadap_Hasil_Belajar_Peserta_Didik.pdf

Download (238kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.ranahresearch.com/index.php/R2J/art...

Abstract

Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian pengembangan e-modul sistem koloid berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi laboratorium virtual yang telah diuji validitas dan praktikalitas, namun belum diuji efektivitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan e-modul sistem koloid berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi laboratorium virtual terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI SMAS Nurul 'Ilmi. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu menggunakan desain One-Group-Pretest-Posttest. Hasil uji t pada taraf nyata 0,05 yaitu t hitung (2.82) > t tabel (1.68). Nilai N-Gain pada kelas subjek 0.54. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-modul sistem koloid berbasis inkuiri terbimbing terintegrasi laboratorium virtual efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMAS Nurul ‘Ilmi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 04 Feb 2022 00:50
Last Modified: 04 Feb 2022 00:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36606

Actions (login required)

View Item View Item