Model Pembelajaran Innovation Project Application (IPA) pada Aplikasi Lapis Dinding JEUMPA (Jangkau Energi Hunian Hemat Pakai Kelapa)

Jeumpa, Kemala (2021) Model Pembelajaran Innovation Project Application (IPA) pada Aplikasi Lapis Dinding JEUMPA (Jangkau Energi Hunian Hemat Pakai Kelapa). Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_KEMALA_JEUMPA_14193013_5070_2021.pdf

Download (806kB) | Preview

Abstract

Studi ini bertujuan melakukan pengembangan model pembelajaran Innovation Project Application (IPA) dalam pembelajaran Lapis Dinding Jeumpa. Model IPA ini dikembangkan dengan mensintesis model PjBl dan lingkungan. Model IPA ini dikembangkan dalam upaya untuk meningkatkan keterampilan dan motivasi peserta didik dalam inovasi terkait bahan bangunan hemat energi dari limbah lingkungan yaitu sabut kelapa sebagai jawaban permasalahan lingkungan masyarakat. Selain itu model IPA ini dikembangkan juga untuk merespon tantangan industri 4.0 yaitu tantangan ekonomi meliputi meningkatnya kebutuhan akan inovasi; tantangan terhadap lingkungan meliputi perubahan pada iklim dan sumber alam yang membutuhkan motivasi dalam melindungi kerusakan lingkungan dan inovasi menciptakan solusi bagi lingkungan berkelanjutan. Dalam proses pengembangan Model IPA ini merujuk pada metode Penelitian dan Pengembangan (R&D) yang diadopsi dari ADDIE dengan melakukan lima tahapan proses. Berdasarkan kebutuhan pembelajaran Lapis Dinding Jeumpa agar tujuannya tercapai maka pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dalam model IPA terdiri atas 7 sintaks. Sintaks dalam Model IPA dikelompokkan dalam 2 Fase yaitu Fase Perencanaan dan Fase Produksi. Model IPA ini juga dilengkapi dengan sistem pendukung untuk pembelajaran yaitu berupa buku ajar, buku model, buku pedoman dosen dan buku panduan mahasiswa. Untuk mengetahui kelayakan penggunaan Model IPA maka divalidasi oleh Tim ahli dan dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Untuk mengetahui tingkat praktis dan efektif dari Model IPA ini dilakukan pengujian pada subjek penelitian yaitu mahasiswa prodi D3 Teknik Sipil UNIMED. Subjek penelitian terbagi kelas terbatas dan kelas diperluas meliputi kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan hasil Pretest dan Posttest. Berdasarkan hasil pengujian validitas diperoleh hasil Model IPA dinyatakan layak karena memenuhi syarat kelayakan dengan tingkat R-Square >0,67. Berdasarkan uji praktikalitas dinyatakan bahwa Model IPA praktis untuk digunakan. Berdasarkan uji efektivitas dinyatakan bahwa Model IPA efektif dalam peningkatan pembelajaran peserta didik. Secara keseluruhan dari perolehan hasil uji coba maka dinyatakan bahwa Model IPA valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 04 Feb 2022 00:35
Last Modified: 04 Feb 2022 00:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36601

Actions (login required)

View Item View Item