Hubungan Kelincahan dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Kemampuan Dribble Atlet Bolabasket Putra Klub Halilintar Bukittinggi di Masa New Normal

Fuadi, Kevin Hidayatul (2021) Hubungan Kelincahan dan Koordinasi Mata Tangan terhadap Kemampuan Dribble Atlet Bolabasket Putra Klub Halilintar Bukittinggi di Masa New Normal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_KEVIN_HIDAYATUL_FUADI_15086198_2348_2021.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan dribble pemain Bolabasket Atlet Klub Halilintar Kota Bukittinggi. Rendahnya kemampuan dribble disebabkan oleh tidak adanya latihan pada masa pandemi COVID 19 yang membuat jadwal latihan atlet kurang sehingga kemampuan atlet menurun, akan berakibat fatal terhadap hasil prestasi Bolabasket Atlet Klub Halilintas Kota Bukittinggi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetauhi hubungan antara kelincahan dan koordinasi mata tangan terhadap kemampuan dribbling Bolabasket Atlet Klub Halilintar Kota Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di lapangan bolabasket atas ngarai Bukittinggi pada bulan januari 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet bolabasket halilintas kota Bukittinggi yang berjumlah 15 orang atlet. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 15 orang atlet. Instrumen dalam penelitian ini adalah: 1) Illinois agility run test untuk mengukur kelincahan atlet, 2) Ballwerfen Und-Fangen Test untuk mengukur koordinasi mata tangan, dan 3) tes kemampuan dribbling untuk mengukur kemampuan dribbling. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment atau korelasi sederhana dan dilanjutkan dengan korelasi berganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara kelincahan terhadap kemampuan dribbling atlet bolabasket putra Klub Halilintar Kota Bukittting dimasa New Normal dengan nilai rhitung = 0,614 > rtabel = 0,514, 2) Terdapat hubungan yang signifikan antara koordinasi mata kaki terhadap kemampuan dribbling atlet bolabasket putra Klub Halilintar Kota Bukittting dimasa New Normal dengan nilai rhitung = 0,588 > rtabel = 0,514. 3) Terdapat hubungan yang signifikan antara kelincahan dan koordinasi mata kaki secara bersama-sama terhadap kemampuan dribbling atlet bolabasket putra Klub Halilintar Kota Bukittting dimasa New Normal dengan nilai rhitung = 0,700 > rtabel = 0,514.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 04 Feb 2022 00:35
Last Modified: 04 Feb 2022 00:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36597

Actions (login required)

View Item View Item