Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru di SMP Kota Pariaman

Japemar, Japemar (2021) Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas, Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Motivasi Berprestasi terhadap Kinerja Guru di SMP Kota Pariaman. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_JAPEMAR_0951776_5168_2021.pdf

Download (859kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rata-rata nilai uji kompetensi guru (UKG) di Kota Pariaman secara keseluruhan masih rendah dengan rata-rata 60,43 dan khususnya hasil uji kompetensi guru (UKG) pada jenjang pendidikan SMP masih tergolong rendah dengan rata-rata 61,45. Hal ini mengindikasikan bahwa kinerja guru SMP di Kota Pariaman masih rendah. Untuk itu perlu diteliti faktor�faktor yang mempengaruhi kinerja guru dalam kaitannya dengan supervisi akademik pengawas, kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi berprestasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru dilihat dari faktor supervisi akademik pengawas, kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi berprestasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survey karena bersifat menerangkan atau menggambarkan fenomena yang sedang dipelajari tentang variabel yang mempengaruhi dalam satu diagram jalur (path Analysis). Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMP Negeri yang bertugas di Kota Pariaman yang tersebar dalam 9 SMP Negeri dengan jumlah 300 orang guru. Sampel penelitian diambil menggunakan Teknik Proposional Stratified Random Sampling. Sedangkan penentuan sampel dihitung dengan menggunakan rumus dari Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%, dari hasil perhitungan didapatlah jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyal 174 orang guru. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis melalui analisis deskriptif dan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung variabel supervisi akademik pengawas terhadap kinerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung variabel budaya organisasi terhadap kinerja guru, (4) terdapat pengaruh tidak langsung variabel supervisi akademik pengawas terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi, (5) terdapat pengaruh tidak langsung variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi, dan (6) terdapat pengaruh tidak langsung variabel budaya organisasi terhadap kinerja guru melalui motivasi berprestasi. Dengan demikian untuk meningkatkan kinerja guru di SMP Negeri Kota Pariaman dapat dilakukan melalui peningkatan supervisi akademik pengawas, kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi berprestasi. Selanjutnya telah disusun produk berbentuk buku untuk memberi arah berkaitan dengan hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 03 Feb 2022 06:49
Last Modified: 03 Feb 2022 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36596

Actions (login required)

View Item View Item