Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Discovery Learning pada Mata Kuliah Perencanaan Perkerasan Jalan Raya

Nofrianto,, Hendri (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Discovery Learning pada Mata Kuliah Perencanaan Perkerasan Jalan Raya. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_HENDRI_NOFRIANTO_1209910_1718_2021.pdf

Download (702kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas need analysis yang menemukan fenomena bahwa model pembelajaran konvensional dianggap belum cukup efektif dalam mengembangkan potensi belajar mahasiswa secara maksimal. Mahasiswa kurang berpartisipasi penuh dalam belajar Perencanaan Perkerasan Jalan Raya seperti yang ditunjukkan oleh hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model Cooperative-Discovery Learning dalam Perencanaan Perkerasan Jalan Raya yang valid, efektif, dan praktis untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Pengembangan model Cooperative-Discovery Learning diterapkan model lima langkah dari ADDIE: 1) menganalisis model pembelajaran Perencanaan Perkerasan Jalan Raya yang ada saat ini 2) merancang model pembelajaran yang baru, 3) mengembangkan model dan melakukan validitas internal, 4) mengimplementasikan Model Cooperative-Discovery Learning di kelas eksperimen untuk menentukan keefektifan model dalam meningkatkan prestasi belajar mahasiswa, dan 5) membandingkan capaian hasil belajar mahasiswa menggunakan model Cooperative-Discovery Learning dengan model konvensional. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model Cooperative�Discovery Learning dalam pembelajaran Perencanaan Perkerasan Jalan Raya menunjukkan bahwa mahasiswa lebih termotivasi untuk belajar, lebih percaya diri dan lebih baik menyelesaikan masalah yang diberikan, bertanggung jawab dan mampu bekerja dalam tim. Untuk menguji keefektifan model maka dilakukan uji-t terhadap hasil belajar untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Secara statistik hasilnya menunjukan bahwa ada peningkatan secara signifikan hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen dibandingkan terhadap kelas kontrol. Selain itu penilaian dari aspek afektif dan psikomotor mahasiswa mendapatkan nilai dalam kriteria lebih baik. Penggabungan nilai dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor mahasiswa mendapatkan nilai dalam kriteria sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model Cooperative-Discovery Learning lebih efektif dari pada model konvensional dalam pembelajaran Perencanaan Perkerasan Jalan Raya

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 02 Feb 2022 07:17
Last Modified: 02 Feb 2022 07:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36577

Actions (login required)

View Item View Item