Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Kelas V SDN 08 Tarung-Tarung Selatan Kabupaten Pasaman

Afriani, Wira (2021) Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Cooperative Learning Tipe Course Review Horay di Kelas V SDN 08 Tarung-Tarung Selatan Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_WIRA_AFRIANI_17129438_2611_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dikarenakan: guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat, proses pembelajaran belum berpusat pada peserta didik, pergantian antara mata pelajaran masih jelas, guru belum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam menemukan permasalahan-permasalahan kontekstual yang sedang dipelajari, guru hanya menggunakan alat panduan utama yaitu buku pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Course Review Horay. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 08 TarungTarung Selatan Kabupaten Pasaman. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Di setiap siklus memiliki empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik yang berjumlah 18 orang, terdiri dari orang 6 laki-laki dan 12 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan, pelaksanaan dan hasil belajar mengalami peningkatan. Rata-rata nilai RPP siklus I yaitu 82,95% (B) dan pada siklus II meningkat menjadi 93,18% (A). Rata-rata nilai pelaksanaan aktivitas guru siklus I yaitu 81,31% (B) dan meningkat pada siklus II yaitu 95,83% (A). Rata-rata nilai aktivitas peserta didik siklus I 79,16% (C) meningkat pada siklus 95,83% (A). Rata-rata hasil belajar siklus I 79 (C) dan meningkat pada siklus II 93 (A). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Cooperative Learning Tipe Course Review Horay dapat meningkatkan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 31 Jan 2022 01:14
Last Modified: 31 Jan 2022 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36552

Actions (login required)

View Item View Item