Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 04 Talaok Pesisir Selatan.

Lauren, Usmi (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN 04 Talaok Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_USMI_LAUREN_17129425_4408_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang belum terkait dengan masalah nyata yang sesuai dengan materi pelajaran , suasana pembelajaran yang belum aktif dan menyenangkan dan hasil belajar peserta didik masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 04 Talaok Pesisir Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, dan (4) Refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik dengan jumlah 17 orang. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning. Teknik yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasul belajar tematik terpadu dari siklus I ke siklus II yaitu : (1) Penilaian rata-rata RPP siklus I adalah 92,18%, siklus II meningkat menjadi 96,87%. (2) Penilaian rata-rata aspek guru siklus I adalah 85,71%, siklus II meningkat menjadi 96,42%. (3) penilaian rata-rata aspek peserta didik siklus I adalah 83,92%, siklus II meningkat menjadi 96,42%. (4) Penilaian rata-rata sikap, pengetahuan dan keterampilan siklus I adalah 77,22 siklus II meningkat menjadi 86,45. Dengan demikian, pembelajaran tematik terpadu dengan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Peserta Didik Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV SDN 04 Talaok Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PROBLEM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:31
Last Modified: 28 Jan 2022 07:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36549

Actions (login required)

View Item View Item