Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah.

Sari, Trinovita (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_TRINOVITA_SARI_17129273_4150_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa belum memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Kondisi ini disebabkan, dalam pelaksanaan pembelajaran guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, dan masih menggunakan model konvensional sehingga siswa kurang aktif dan merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen design (eksperimen semu). Dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Pandan Kabupaten Tapanuli Tengah. Setelah diacak sampel dalam penelitian ini yaitu SDN 158498 Aek Tolang, dimana VB sebagai kelas eksperiman (32 orang) dan kelas VA sebagai kelas kontrol (30 orang). Untuk pengujian hipotesis, penelitian ini menggunakan statistik uji t yang di dahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dengan taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 158498 Aek Tolang Kecamatan Pandan. Hal ini dibuktikan dari hasil ttest dengan taraf signifikansi 5% (derajat kepercayaan 95%) diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,8479 > 2,0003. Hasil belajar pada pembelajaran tematik terpadu tema 8 subtema 1 pembelajaran 3 dan 4 yang diperoleh kelompok eksperimen yang menerapkan model Two Stay Two Stray memiliki nilai rata-rata sebesar 84,53 sedangkan kelompok kontrol menerapkan pembelajaran konvensional memperoleh nilai rata-rata sebesar 68,83.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:30
Last Modified: 28 Jan 2022 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36548

Actions (login required)

View Item View Item