Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash terhadap Keliling dan Luas Persegi, Persegi Panjang dan Segitiga Serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SD.

Satria, Tari (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash terhadap Keliling dan Luas Persegi, Persegi Panjang dan Segitiga Serta Hubungan Pangkat Dua dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_TARI_SATRIA_17129089_2909_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi yang merapati dunia pendidikan dalam pemanfaatkan computer,harus bisa disikapi secara cepat oleh pendidik sehingga dapat membantu dalam proses pembelajaran. Seiring dengan kemajuaan teknologi, media pembelajaran semakin berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash terhadap keliling dan luas persegi, persegi panjang dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan 4-D. Yang terdiri dari tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), penyebaran (disseminate). Subjek dari penelitian ini yaitu 2 orang ahli, 1 guru kelas IV serta 25 siswa kelas IV SDN 11 Lubuk Buaya. Instrument yang digunakan antara lain lembar validasi ahli dan angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian media yang dikembangkan menunjjukkan: (1) media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash terhadap keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV SD dinyatakan sangat valid dengan nilai rata rata 81,2% dan 98,3% (2) respon guru dan siswa terhadap media media pembelajaran interaktif berbasis macromedia flash terhadap keliling dan luas persegi, persegi panjang dan segitiga serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua memperoleh kategori sangat praktis dengan nilai rata rata 84,14% dan 92,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, MACROMEDIA, PEMBELAJARAN INTERAKTIF
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:30
Last Modified: 28 Jan 2022 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36547

Actions (login required)

View Item View Item