Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pembelajaran Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Untuk Ekstrakurikuler SMP

Anshari, Arif Al (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pembelajaran Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Untuk Ekstrakurikuler SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_ARIF AL ANSHARIA_18155003_343_2020.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Proses pemebelajaran materi pertolongan pertama pada kecelakaan selama ini pendidik masih menggunakan metode konvensional dalam menjelaskan materi. Adapun media yang digunanakan adalah papan tulis dengan sumber belajar berupa buku saku yang hanya dimiliki oleh Pembina ekstrakurikuler UKS sehingga pemahaman siswa terhadap materi pertolongan pertama pada kecelakaan masih belum optimal hal ini ditunjukkan dengan nilai siswa yang belum memenuhi KKM. Untuk itu diperlukan adanya inovasi pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis android yang mampu digunakan oleh siswa baik di kelas maupun di luar kelas secara offline. Tujuan yang hendak dicapai adalah menghasilkan media pembelajaran berbasis android yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D, terdiri dari empat tahap yaitu define, design, develop dan disseminate. Subyek penelitian adalah siswa SMPN 22 Kerinci yang mengikuti ekstrakurikuler UKS yang berjumlah 20 Orang siswa. Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas dan efetivitas. Dari hasil uji validitas media menunjukkan kategori sangat valid dari 3 aspek yaitu aspek materi 97,89%, aspek media 81,82% dan aspek bahasa 82,86%. Data kepraktisan diperoleh dari hasil analisis angket respon pendidik dan peserta didik adapun hasil uji praktikalitas media pemberlajaran berbasis android untuk pembelajaran pertolongan pertama memperoleh penilaian sebesar 93,40 untuk penilaian praktikalitas oleh peserta didik dan 96,67 untuk penilaian praktikaliatas oleh pendidik dengan kategori sangat valid. Hasil uji efektivitas hasil belajar siswa hasil pretest diperoleh rata-rata 62,25 dan pada saat posttest meningkat menjadi 83,25 setelah menggunakan media pembelajaran berbasis andoroid dalam proses pembelajaran pertolongan pertama pada kecelakaan hal ini menunjukkan terdapatnya peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pemebelajaran berbasis android pembelajaran pertolongan pertama pada kecelakaan untuk ekstrakurikuler SMP. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pemebelajaran berbasis android pembelajaran pertolongan pertama pada kecelakaan untuk ekstrakurikuler SMP dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:30
Last Modified: 28 Jan 2022 07:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36541

Actions (login required)

View Item View Item