Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learningdan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Helda, Resti Adna (2020) Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learningdan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Menulis Pantun Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
1_A_RESTI_ADNA_HELDA_15124053_91_2020.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi siswa mengalami kesulitan dalam keterampilanmenulis pantun. Hal ini terlihat dari rendahnya nilai yang diperoleh siswa dalam menulis pantun. Setiap siswa memiliki motivasi belajar. Apabila motivasi belajar siswa tinggi, maka hasil belajarnya baik. Sebaliknya, motivasi belajar siswa rendah, maka hasil belajarnya rendah. Fenomena ini membuat peneliti tertarik melakukan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SD NegeriGugus I Kota Pariaman. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy eksperiment. Populasinya adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Gugus I Kota Pariaman tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 7 Sekolah dengan jumlah 168 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan didapat SD Negeri 21 JKA sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri 02 KA sebagai kelas konrol. Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket motivasi belajar dan tes unjuk kerja keterampilan menulis pantun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)keterampilan menulis pantun pada siswa yang diajar dengan pendekatan CTL lebih tinggi daripada keterampilan menulis pantun pada siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional dengan nilai thitung = 2,879 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 2,010); (2) keterampilan menulis pantun pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan pendekatan CTL lebih tinggi daripada keterampilan menulis pantun pada siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang diajar dengan pendekatan konvensional dengan nilai thitung = 2,432 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 2,063); (3) keterampilan menulis pantun pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan pendekatan CTL lebih tinggi daripadaketerampilan menulis pantun pada siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang diajar dengan pendekatan konvensional dengan nilai thitung = 2,477 dan taraf signifikansi 0,05 (ttabel = 2,063); dan (4) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara pendekatan CTL dengan motivasi siswa terhadap keterampilan menulis pantun dengan nilai Fhitung = 0,299 dan taraf signifikansi 0,05 (Ftabel = 4,022). Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pendekatan CTL dan motivasi belajar terhadap keterampilan menulis pantun pada siswa kelas V SD NegeriGugus I Kota Pariaman. Rekomendasi penelitian ini adalah pendekatan CTL dapat diajukan sebagai dasar pemikiran bahwa pendekatan CTL dan motivasi belajar merupakan faktor yang dapat meningkatkan keterampilan menulis pantun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:29
Last Modified: 28 Jan 2022 07:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36538

Actions (login required)

View Item View Item