Pengembangan Local Instructional Theory Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Aplikasi Integral untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills Mahasiswa

Arnellis, Arnellis (2021) Pengembangan Local Instructional Theory Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Aplikasi Integral untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills Mahasiswa. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_ARNELLIS_1204372_5719_2021.pdf

Download (830kB) | Preview

Abstract

Hasil studi pendahuluan ditemukan masalah bahwa pembelajaran aplikasi integral masih bersifat konseptual dan mekanistik, kemampuan berpikir matematis mahasiswa Jurusan Matematika rendah. Pembelajaran belum dirancang sesuai kebutuhan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan karakteristik Local Instructional Theory (LIT) berbasis Realistic Mathematics Education (RME) pada materi aplikasi integral yang memenuhi kriteria valid dan praktis serta efektif memberikan dampak terhadap high order thinking skills (HOTS) mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode design research. Penelitian ini mengkombinasikan design research Plomp dengan design research Gravemeijer & Cobb. Plomp menggunakan tiga fase utama yaitu fase penelitian pendahuluan; fase pengembangan prototipe berupa Self Evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group; dan fase penilaian berupa Field Test. Sedangkan Gravemeijer& Cobb menggunakan fase persiapan percobaan, fase uji coba desain di kelas, dan fase analisis retrospektif test. Jadi tahapan yang digunakan adalah penelitian pendahuluan, fase pengembangan prototype (persiapan percobaan, fase uji coba desain di kelas virtual, fase restrokfektif), dan fase penilaian. Pada tahap pengembangan prototype dilakukan formatif evaluation (evaluasi formatif), untuk menyelidiki validitas dan praktikalitas yang meliputi Self Evaluation, expert review, one-to-one, small group. Pada tahap penilaian dilakukan summative evaluation (evaluasi formatif) untuk menyelidiki efektifitas produk. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Semester II Program Studi Matematika FMIPA Universitas Negeri Padang. Dari hasil pengumpulan data diperoleh data kuantitatif yang didapatkan melalui tes, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui analisis dokumen, observasi, wawancara, dan angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan inferensial. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah karakteristik Local Instructional Theory (LIT) berbasis RME pada materi aplikasi integral (1) valid,sesuai dengan kebutuhan, memanfaatkan konsep aplikasi integral yang tepat, komponen LIT memenuhi prinsip dan karakteristik RME; saling terkait satu sama lain secara konsisten, (2) praktis, dapat digunakan, mudah digunakan, dan memiliki daya tarik yang sangat baik; dan (3) efektif, bahwa LIT yang dikembangkan berdampak terhadap peningkatan high order thinking skills mahasiswa.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan-S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 28 Jan 2022 02:03
Last Modified: 28 Jan 2022 02:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36534

Actions (login required)

View Item View Item