Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Example Non Example Kelas V SDN 101107 Aek Libung Kab. Tap-Sel.

Siregar, Sina Wardani (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Example Non Example Kelas V SDN 101107 Aek Libung Kab. Tap-Sel. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_SINA_WARDANI_SIREGAR _17129083_3909_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dengan observasi, hasil observasi menunjukkan belum maksimalnya hasil yang diperoleh siswa dalam pembelajaran tematik terpadu. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru seh ingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Selain itu juga kurangnya penggunaan media pembelajaran sehingga siswa cepat bosan dan kurang semangat karena proses pembelajaran yang cenderung monoton dan hanya berpatokan pada buku. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model Example Non Example. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari dua pertemuan, dan siklus II terdiri dari satu pertemuan. Subjek penelitian ialah siswa kelas V SDN 101107 Aek Libung dengan jumlah 38 orang siswa, 24 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I adalah 87,5% (B), meningkat pada siklus II menjadi 97,5% (SB). Ini juga terlihat pada rata-rata hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I adalah 79,16 % (C), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (SB). Pada aspek siswa diperoleh rata-rata pada siklus I 81,25% (B), meningkat pada siklus II menjadi 95,83% (SB). Pada hasil belajar siswa ratarata siklus I yakni 76,18 (K) meningkat pada siklus II menjadi 87 (B). Berdasarkan hasil terssebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Example Non Example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu siswa di kelas V SDN 101107 Aek Libung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:03
Last Modified: 27 Jan 2022 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36532

Actions (login required)

View Item View Item