Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Media Komik Bagi Anak Tunarungu: Single Subjek Research Kelas VIII di SLB Fan Redha Padang

Afsyahni., Wila (2021) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Media Komik Bagi Anak Tunarungu: Single Subjek Research Kelas VIII di SLB Fan Redha Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_WILA_AFSYAHNI_16003112_946_2021.pdf

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakang oleh masalah yang muncul pada anak tunarungu yang mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman yaitu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan bacaan yang dibaca. Terlihat saat menjawab pertanyaan dari cerita yang telah dibaca anak menjawab dengan asal-asalan dan sering bertanya kepada guru. Penelitian ini bertujuan agar terbuktinya apakah media komik dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman anak tunarungu. Metode penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian subjek tunggal/ Single Subjeck Research (SSR), dengan pola desain A-B-A. Baseline (A1) merupakan kemampuan awal dalam membaca pemahaman, intervensi (B) merupakan kondisi dimana diterapkannya penggunaan media komik kepada subjek yang diteliti dan baseline (A2) merupakan kemampuan anak setelah diberhentikannya intervensi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis visual grafik. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase dari jumlah butir soal instrumen. Hasil penelitian pada baseline (A1) anak mendapatkan skor 20%, intervensi (B) kemampuan anak meningkat mencapai 80%. Pada baseline (A1) dan intervensi (B) Overlap yaitu 50% sedangkan baseline (A2) dan intervensi (B) Overlap yaitu 50%. Semakin kecil persentase Overlap, maka semakin baik pengaruh intervensi/perlakuan terhadap perubahan tingkah laku. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan penggunaan media komik pada anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:47
Last Modified: 27 Jan 2022 04:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36531

Actions (login required)

View Item View Item