Efektivitas Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Jilbab Bouquet pada Siswa Tunagrahita Ringan: Quasi Experiment Kelas X di SLB Al-Azhar Bukittinggi).

Oktafia, Venny Santika (2021) Efektivitas Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Jilbab Bouquet pada Siswa Tunagrahita Ringan: Quasi Experiment Kelas X di SLB Al-Azhar Bukittinggi). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
2_A_VENNY_SANTIKA_OKTAFIA_16003051_544_2021.pdf

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan membuat jilbab bouquet pada siswa tunagrahita ringan. Tujuan penelitian ini adalah membuktikan efektif atau tidaknya video tutorial yang digunakan dalam membuat jilbab bouquet. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang berbentuk quasi eksperiment dengan jenis one grup pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 5 orang siswa tunagrahita ringan kelas X di SLB Al-Azhar Bukittinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest untuk mengetahui kondisi awal kemampuan siswa membuat jilbab bouquet selanjutnya treatment dengan menggunakan video tutorial dan dilanjutkan dengan memberikan posttest diolah dan dibandingkan menggunakan uji Wilcoxon Rank Test. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pada saat pretest yaitu 43,00 sedangkan pada nilai posttest didapatkan hasil yaitu 89,80. Data diolah menggunakan uji willcoxon hasilnya diperoleh nilai rank tast antara pretest dan posttest 2,032 dengan probabilitas atau Asymp Sig (2-tailed) 0,042. Nilai probabilitas yang ditetapkan yaitu α=0,05 sehingga probabilitas kurang dari yang ditetapkan. Jadi terbukti bahwa video tutorial efektif digunakan dalam keterampilan vokasional membuat jilbab bouquet. Disarankan bagi para pendidik dalam mengajarkan keterampilan kepada siswa tunagrhita ringan untuk menggunakan media video tutorial agar pembelajaran ini dapat tercapai serta berguna kelak bagi siswa tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 27 Jan 2022 04:46
Last Modified: 27 Jan 2022 04:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36528

Actions (login required)

View Item View Item