Pengembangan Model Pelatihan WELComP Berbasis Web untuk Meningkatkan Kompetensi Basic Programmer

Dalimunthe, Amirhud (2021) Pengembangan Model Pelatihan WELComP Berbasis Web untuk Meningkatkan Kompetensi Basic Programmer. Doctoral thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_8_AMIRHUD_DALIMUNTHE_14193001_5561_2021.pdf

Download (861kB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan model pelatihan ini dilaksanakan untuk memenuhi butuhan sumber daya manusia dalam bidang teknologi komunikasi dan otomatisasi di revolusi 4.0. Peningkatan kualitas lulusan, pendidikan tinggi tidak cukup hanya pada pertemuan formal di bangku kuliah saja. Pembelajaran pemrograman pada mata kuliah algoritma pemrograman dan struktur data yang membentuk kompetensi programmer tidak cukup hanya diajarkan pada perkuliahan saja, perlu dilaksanakan pelatihan yang mendukung kemampuan kompetensi sehingga mampu bersaing di era digital. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pelatihan WELComP yang pada akhirnya menghasilkan basic programmer yang kompeten sehingga mampu bersaing di dunia kerja dan dunia industri. Perlu dilaksanakan pelatihan yang mendukung kemampuan kompetensi yang lebih baik. Inovasi proses belajar-mengajar yang aktif, kreatif, dan inovatif merupakan kunci pembinaan, pengembangan, dan keberhasilan dalam sebuah pelatihan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan penyederhanaan model Borg and Gall (1983) melalui 1) tahap pengumpulan data, 2) tahap perencanaan dan perancangan produk, 3) tahap pengembangan, dan 4) tahap validasi dan uji coba. Penelitian ini menghasilkan sebuah model pelatihan dengan nama WELComP dan produk penelitian lainnya berupa buku model pelatihan, buku materi pelatihan, buku panduan instruktur, dan buku panduan peserta pelatihan. Subjek penelitian terdiri dari lima belas orang mahasiswa Prodi PTIK FT Unimed. Jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket validasi produk, angket praktikalitas, soal tes untuk pengukuran aspek kognitif dan lembar pengamatan terhadap aspek psikomotor dan afektif. Teknik analisis data menggunakan rumus Aiken’s V untuk uji validitas, menggunakan Tingkat Capaian Responden untuk uji praktikalitas, dan menggunakan statistik parametrik pada uji efektivitas. Pemilihan pendekatan, model, dan metode yang tepat pada penelitian ini menghasilkan sebuah model pelatihan dengan nama WELComP dengan lima sintaks yaitu 1) Joint in web, 2) Orientation 3) Enhancing concept 4) Learning by demonstration 5) Evaluation. Berdasarkan temuan dapat disimpulkan bahwa model pelatihan WELComP berbasis web memiliki validitas, praktikalitas, dan efektivitas yang telah teruji dan layak digunakan pada pelatihan di bidang pemrograman komputer. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi rekomendasi alternatif dalam melaksanakan p

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:59
Last Modified: 27 Jan 2022 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36526

Actions (login required)

View Item View Item