Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition ( CIRC) di Kelas IV SD Negeri 06 Piai Tangah Kota padang.

Rosha, Ririn Desma (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition ( CIRC) di Kelas IV SD Negeri 06 Piai Tangah Kota padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RIRIN_DESMA_ROSHA_17129076_2520_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang masih berpusat kepada guru, guru belum menggunakan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan untuk meningkatkan aktivitas peserta didik. Hal ini disebabkan oleh guru dalam pembelajaran hanya fokus terhadap buku siswa dan menerangkan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Integrated Reading And Composition ( CIRC) di Kelas IV SD Negeri 06 Piai Tangah Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiga kali pertemuan meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian berkaitan dengan hasil pengamatan perencanan dan pelaksanaan menggunakan model CIRC. Teknik pengumpulan data berupa dokumen analisis, observasi dan tes. Subjek penelitian ini adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan peserta didik kelas IV SD Negeri 06 Piai Tangah Kota Padang berjumlah 28 orang perempuan 14 dan laki-laki 14. Hasil penelitian yaitu pada siklus I pertemuan I 75 % kemudian pertemuan II 83,33 % sehingga penilaian RPP siklus I memperoleh rata-rata 79,16,% (C) dan meningkat 97,22% (SB) pada siklus II. Pada aspek guru siklus I dengan rata-rata 83,92% (B) dan meningkat 92,85% (SB) pada siklus II. Sedangkan pada aspek peseta didik siklus I memperoleh nilai rata-rata 83,92% (B) dan meningkat 92,85% (SB) pada siklus II. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model CIRC dapat meningkatkan proses pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Negeri 06 Piai Tangah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COOPERATIVE INTEGRATED READING, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:59
Last Modified: 27 Jan 2022 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36520

Actions (login required)

View Item View Item