Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Datar Berbasis Macromedia Flash 8 terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar.

Kurnia, Rezi (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Datar Berbasis Macromedia Flash 8 terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_REZI_KURNIA_17129403_5808_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena media pembelajaran bangun datar yang digunakan hanya berupa media pembelajaran sederhana berupa papan tulis, benda konkret yang berkaitan dengan bangun datar, media pembelajaran yang tertempel di dinding kelas dan buku teks sebagai bahan belajar utama. Akibatnya, peserta didik kurang termotivasi dalam belajar sehingga kurang mampu memahami konsep materi bangun datar dengan baik dan mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu, guru membutuhkan inovasi terbaru dalam belajar matematika yaitu dengan penggunaan media pembelajaran bangun datar berbasis Macromedia Flash 8 yang diyakini dapat membantu guru dalam menyampaikan informasi pembelajaran, baik berupa tulisan, gambar maupun animasi menarik yang dapat mengurangi kesulitan peserta didik dalam menerima materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bangun datar berbasis Macromedia Flash 8 terhadap hasil belajar peserta didik di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), penerapan (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli bahasa dan lembar validasi ahli media/grafik. Angket respon terdiri dari angket respon guru dan angket respon peserta didik. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah 15 orang peserta didik dikelas IV SD Negeri 30 Pasar Lakitan, kecamatan Lengayang. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, media pembelajaran bangun datar yang dikembangkan memperoleh tingkat validitas 81,6% dengan kategori sangat valid. Kedua, hasil angket menunjukan bahwa media pembelajaran bangun datar telah praktis dengan perolehan persentase kepraktisan 96,42% pada angket respon guru dan 92,76% pada angket respon peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bangun datar berbasis Macromedia Flash 8 di kelas IV Sekolah Dasar telah dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran bangun datar dan hubungan pangkat dua dan akar pangkat dua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MACROMEDIA, MEDIA PEMBELAJARAN, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:02
Last Modified: 27 Jan 2022 03:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36518

Actions (login required)

View Item View Item