Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV SDN Gugus I Pariaman Utara.

Luckyana, Mutia (2021) Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Keliling dan Luas Bangun Datar Kelas IV SDN Gugus I Pariaman Utara. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MUTIA_LUCKYANA_17129366_2513_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar bangun datar yang diperoleh peserta didik di SDN Gugus I Pariaman utara karena belum maksimal menggunakan model pembelajaran inovatif yang sesuai dengan materi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar Kelas IV SDN Gugus I Pariaman Utara. Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan hasil dari beberapa pertimbangan didapatkan sampel siswa kelas IV SDN 11 Cubadak Air Utara dan siswa kelas IV 05 Tungkal Utara. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok eksperimen dan kontrol adalah melalui undian sederhana. Kelas IV SDN 11 Cubadak Air Utara ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 05 Tungkal Utara sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN Gugus I Pariaman Utara. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t-hitung = 2,1656 > 2,042272. Hasil belajar keliling dan luas bangun datar yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol= 78,25 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 85,57. Sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN, MODEL PROBLEM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jan 2022 08:39
Last Modified: 26 Jan 2022 08:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36505

Actions (login required)

View Item View Item