Pengembangan LKPD Berbasis Model Project Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Tracker Pada Materi Kinematika Gerak Kelas X SMAN 3 Padang

Lismidarni, Susri (2021) Pengembangan LKPD Berbasis Model Project Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Berbantuan Aplikasi Tracker Pada Materi Kinematika Gerak Kelas X SMAN 3 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SUSRI_LISMIDARNI_16175033_5713_ 2021.pdf

Download (836kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran fisika yang belum berjalan sesuai dengan acuan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 dikembangkan berdasarkan dua faktor salah satunya yaitu tantangan eksternal. Tantangan eksternal antara lain masalah lingkungan hidup,kemajuan teknologi informasi, kebangkitan industri kreatif dan budaya, serta perkembangan pendidikan ditingkat internasional. Maka, diperlukan sebuah inovasi berupa pengembangan model pembelajaran, sumber belajar dan media pembelajaran yang sejalan dengan tuntutan kurikulum 2013, diantaranya LKPD sebagai salah satu sumber belajar sederhana yang mudah dipahami oleh peserta didik, model pembelajaran project based learning sebagai salah satu model pembelajaran yang dianjurkan dalam kurikulum 2013 karena dapat meningkatkan kompetensi dan kreatifitas peserta didik, serta aplikasi tracker sebagai media pembelajaran berbasis IT yang dapat bersaing ditingkat pendidikan internasional. Tujuan penelian ini adalah untuk menghasilkan LKPD berbasis model Project Based Learning dengan pendekatan saintifik berbantuan aplikasi tracker pada materi kinematika gerak kelas X dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap preliminary research, development or prototyping phase, and assesment phase. Instrumen penelitian ini terdiri dari angket analisis, lembaran analisis, lembar validitas, lembar praktikalitas, tes objektif, lembar observasi sikap, dan penilaian keterampilan. Teknik analisis data menggunakan deskripsi persentase. Hasil tahapan analisis awal-akhir berupa analisis performa dengan kategori baik. Hasil analisis peserta didik pada aspek pengetahuan dan keterampilan perlu ditingkatkan. Hasil dari analisis materi diperoleh untuk menyesuaikan pemilihan materi yang akan diajarkan. Hasil penelitian tahap desain diperoleh LKPD yang dirancang berbasis model project based learning dengan pendekatan saintifik berbantuan tracker. Hasil penelitian tahap pengembangan dihasilkan LKPD yang valid (0,77). Tahap Implementasi LKPD memenuhi kriteria praktis menurut guru dengan kriteria (79,9), praktis menurut peserta didik dengan kriteria (87,8) dan efektif pada kompetensi pengetahuan dengan kriteria(82,57), kompetensi sikap (81,9), kompetensi keterampilan (81,8). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan LKPD berbasis model project based learning dengan pendekatan saintifik berbantuan aplikasi tracker dengan kriteria valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Jan 2022 08:39
Last Modified: 26 Jan 2022 08:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36503

Actions (login required)

View Item View Item