Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint iSpring pada Materi Larutan Penyangga dengan Penekanan pada Tiga Level Representasi Kimia untuk Meningkatkan Model Mental Siswa

Sisriyani, Sonia (2021) Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint iSpring pada Materi Larutan Penyangga dengan Penekanan pada Tiga Level Representasi Kimia untuk Meningkatkan Model Mental Siswa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SONIA_SISRIYANI_19176012_5316_2021.pdf

Download (676kB) | Preview

Abstract

Larutan Penyangga merupakan materi penting dan menjadi syarat untuk mempelajari konsep kimia lainnya. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui bahwa peserta didik masih kesulitan memahami materi larutan penyangga. Sumber belajar yang digunakan belum menghubungkan ketiga level representasi secara utuh. Peserta didik yang tidak mampu dalam menghubungkan kegita level tersebut akan berdampak pada hasil belajar dan model mentalnya. Tujuan penelitian adalah mengembangkan media pembelajaran PowerPoint-iSpring untuk menentukan tingkat validitas, praktikalitas dan efektivitas. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp. Subjek penelitian terdiri dari 128 peserta didik dan 3 orang guru kimia yang berasal dari Sekolah Menengah Atas di Kota Padang Panjang dengan tekhnik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu lembar wawancara, lembar evaluasi sendiri, lembar validitas dan lembar praktikalitas. Media pembelajaran divalidasi oleh 5 orang validator. Validitas dianalisis menggunakan Aiken’s V dengan hasil penelitian menunjukkan nilai V = 0,861 dengan kategori tinggi. Praktikalitas dianalisis dengan % praktikalitas menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan memiliki nilai 85,86 pada small group dan 87,34 pada uji field test serta 86,60 angket respon guru dengan kriteria sangat praktis. Hasil efektivitas menunjukkan bahwa media pembelajaran PowePoint-iSpring dapat meningkatkan model mental peserta didik, terbukti dengan peningkatan nilai pretest ke posttest. Hasil uji normalitas dan homogenitas menyatakan bahwa hasil belajar dan model mental kelas sampel terdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis hasil belajar dan model mental larutan penyangga menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 artinya pembelajaran menggunakan media pembelajaran PowePoint-iSpring pada materi larutan penyangga dapat menigkatkan model mental peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Jan 2022 08:38
Last Modified: 26 Jan 2022 08:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36500

Actions (login required)

View Item View Item