Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Kelas IV SD Negeri 48 Daratan Merantih.

Fitrah, Muhammad (2021) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Kelas IV SD Negeri 48 Daratan Merantih. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MUHAMMAD_FITRAH_16129352_2956_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru yang belum menggunakan model dan media pembelajaran. Guru belum memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya sehingga peserta didik menjadi tidak aktif dalam proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran ada peserta didik yang ribut sehingga kurang memperhatikan guru dalam mengikuti pembelajaran, dan kurang siapnya peserta didik dalam menerima pelajaran dan memahami materi, tampak saat peserta didik tidak bisa menjawab pertanyaan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Kelas IV SD. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan Jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian ini meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi. Instrumen Penelitian yaitu Lembar observasi. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian adalah guru (Observer), peneliti (praktisi), dan peserta didik kelas IV yang berjumlah 28 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada proses pembelajaran tematik terpadu. Persentase rata-rata hasil pengamatan RPP siklus I 81,95% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 94,44% kualifikasi Sangat Baik (SB). Pengamatan aspek guru siklus I rata-rata 80,55% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 94,44% kualifikasi Sangat Baik (SB). Pengamatan aspek peserta didik siklus I rata-rata 80,55% kualifikasi Baik (B) meningkat pada siklus II 94,44% kualifikasi Sangat Baik (SB). Dengan demikian, model Cooperative Learning Tipe Group Investigation dapat meningkatkan proses pembelajaran peserta didik kelas IV SD Negeri 48 Daratan Merantih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL COOPERATIVE LEARNING, PEMBELAJARAN, PEMBELAJARAN TEMATIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:57
Last Modified: 26 Jan 2022 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36497

Actions (login required)

View Item View Item