Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas V SD Negeri 13 Parik Putus Kabupaten Agam.

Sari, Metia Meita (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Talking Stick di Kelas V SD Negeri 13 Parik Putus Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_METIA_MEITA_SARI_17129358_4453_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pelaksanaan pembelajaran tematik terpadu yang dilakukan oleh guru, sehingga berdampak pada rendahya hasil belajar peserta didik di kelas V SD Negeri 13 Parik Putus kabupaten Agam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Talking Sick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I terdiri dari dua kali pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan yang terdapat empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 13 Parik Putus Kabupaten Agam yang berjumlah 28 orang. Data penelitian diperoleh dari penilaian rencana pelaksaan pembelajaran, proses pelaksanaan, dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukakan adanya peningkatan yaitu siklus I RPP memperoleh rata-rata 83,32% dengan kualifikasi (B) dan siklus II 91,66% dengan kualifikasi (SB). Pelaksanaan proses pembelajaran aspek guru siklus I 81,25% dengan kualifikasi (B) dan siklus II 92,85% dengan kualifikasi (SB), pelaksanaan aspek peserta didik siklus I 81,25% dengan kualifikasi (B) dan siklus II 92,85% dengan kualifikasi (SB). Hasil penilaian siklus I diperoleh rata-rata 77,33 dengan kualifikasi (B) dan siklus II 86,81 dengan kualifikasi (SB). Berdasarkan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa model kooperatif tipe Talkng Stick dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE, PEMBELAJARAN TEMATIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:57
Last Modified: 26 Jan 2022 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36496

Actions (login required)

View Item View Item