Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Learning Cycle 7E berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII SMP

Fitriani, Silvia (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Learning Cycle 7E berbantuan Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VII SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_SILVIA_FITRIANI_19205052_19205052_4811_2021.pdf

Download (553kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi literatur dan analisis pendahuluan yang dilakukan di sekolah SMPN 1 Sutera diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik disebabkan oleh (1) sumber belajar berupa RPP dan LKPD masih bersifat umum dan belum dikaitkan dengan masalah kontekstual, (2) bahan ajar yang dipergunakan dalam proses belajar mengajar belum banyak membantu peserta didik dalam memahami konsep-konsep pembelajaran, (3) peserta didik lemah dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah. Berdasarkan permasalahan ini maka peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis learning cycle 7E berbantuan Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran berbasis model learning cycle 7E berbantuan Mind Mapping yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP. Model learning cycle 7E merupakan model pembelajaran konstruktivisme yang berpusat pada peserta didik dan terdiri dari tujuh tahap yaitu tahap elicit (memunculkan), engange (melibatkan), explore (menyelidiki), explain (menjelaskan), elaboration (menguraikan), evaluation (menilai) dan extend (memperpanjang) yang menuntun peserta didik untuk menemukan konsep, kemudian mengaplikasikan konsep yang ditemukan untuk memecahkan masalah. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu Preliminary Investigation, Prototyping Stage dan Assessment Phase. Perangkat yang dikembangkan adalah RPP dan LKPD berbasis learning cycle 7E berbantuan Mind Mapping. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 1 Sutera. Data dikumpulkan dengan dokumentasi, observasi, wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKPD matematika berbasis learning cycle 7E untuk kelas VII SMPN semester II yang dihasilkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif. Hasil validitas RPP diperoleh 3,40% dengan kategori valid dan LKPD diperoleh 3,50% dengan kategori sangat valid. Hasil praktikalitas RPP diperoleh 92,50% dengan kategori sangat praktis dan LKPD diperoleh 93,0% dengan kategori sangat praktis. Hasil Efektivitas perangkat pembelajaran ini dinilai dari peserta didik pada tahap smallgroup karena pandemi covid-19, perangkat pembelajaran ini bernilai efektif karena rata-rata tes kemampuan pemecahan awal peserta didik yang menggunakan perangkat lebih tinggi daripada peserta didik yang belum menggunakan perangkat yaitu dari nilai 66,9 hingga 92,9 i yang artinya rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik sesudah menggunakan perangkat pembelajaran lebih tinggi dibandingkan sebelum menggunakan perangkat pembelajaran yang dirancang. Perangkat pembelajaran pada penelitian ini disimpulkan layak untuk dijadikan bahan rujukan dalam pembelajaran matematika khususnya materi bangun ruang sisi datar kelas VII SMP.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:57
Last Modified: 26 Jan 2022 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36495

Actions (login required)

View Item View Item