Hubungan Keseimbangan, Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki terhadap Kemampuan Shooting Atlet Futsal Kota Padang

Asnur, Ihsan (2021) Hubungan Keseimbangan, Daya Ledak Otot Tungkai dan Koordinasi Mata-Kaki terhadap Kemampuan Shooting Atlet Futsal Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_IHSAN_ASNUR_16087256_3738_2021.pdf

Download (9kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan shooting atlet futsal Kota Padang. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, yaitu: keseimbangan, daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki yang lemah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan keseimbangan, daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki terhadap kemampuan shooting pada atlet futsal Kota Padang, secara sendiri-sindiri maupun secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah korelasional, yaitu untuk melihat hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet futsal Kota Padang yang berjumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara proporsional random sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 50 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen Modified bass test untuk mengukur keseimbangan, standing broad jump untuk mengukur daya ledak otot tungkai, tes koordinasi mata-kaki dan untuk mengukur kemampuan shooting menggunakan tes menembak ke sasaran. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linera berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) keseimbangan memiliki hubungan positif terhadap kemampuan shooting dengan rhitung 0,519. (2) daya ledak otot tungkai memiliki hubungan terhadap kemampuan shooting dengan rhitung 0,457. (3) koordinasi mata-kaki memiliki hubungan positif terhadap kemampuan shooting dengan rhitung 0,540. (4) keseimbangan, daya ledak otot tungkai dan koordinasi mata-kaki secara bersama-sama memiliki hubungan terhadap kemampuan shooting dengan rhitung 0,738.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kepelatihan Olahraga - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:57
Last Modified: 26 Jan 2022 06:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36494

Actions (login required)

View Item View Item