Pahlevi, Riza (2021) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMAN Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
A_3_RIZA_PAHLEVI_15205045_6087_2021.pdf Download (549kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik belum tercapai secara optimal. Salah satu faktor penyebab adalah belum tersedianya perangkat pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Hal tersebutlah yang mendasari untuk melakukan pengembangan perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) yang dapat memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) yang valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X SMA. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X SMAN Padang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp. Karena situasi masih dalam pandemi Covid-19, penelitian ini hanya melakukan tahap penelitian pendahuluan dan tahap pengembangan. Pada tahap pengembangan, dilakukan perancangan dan penilaian perangkat pembelajaran melalui tahap-tahap evaluasi formatif. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD berbasis pendekatan Model Eliciting Activities (MEAs) yang memenuhi kriteria valid dan praktis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X SMAN Padang
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2 |
Depositing User: | Arlianis |
Date Deposited: | 26 Jan 2022 06:56 |
Last Modified: | 26 Jan 2022 06:56 |
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36492 |
Actions (login required)
View Item |