Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Listening Team di Kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido Pesisir Selatan.

Maulina, Kania (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Listening Team di Kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_KANIA_MAULINA_17129225_2860_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido Pesisir Selatan. Hal ini dikarenakan guru belum mampu mengembangkan model pembelajaran yang inovatif dan berpusat pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu menggunakan model Kooperatif tipe Listening Team di kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan non tes. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido Pesisir Selatan yang berjumlah 11 orang. Hasil penelitian yaitu: (1) persentase pengamatan RPP pada siklus I 85% kategori baik meningkat pada siklus II dengan persentase 92% kategori sangat baik, (2) aktivitas guru pada siklus I 87% kategori baik meningkat pada siklus II dengan persentase 96% kategori sangat baik, (3) aktivitas siswa pada siklus I 87% kategori baik meningkat pada siklus II dengan persentase 96% kategori sangat baik. Sedangkan hasil belajar peserta didik pada siklus I nilai rata-ratanya 72,2 meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 81,5. Dapat disimpulkan bahwa model Kooperatif tipe Listening Team dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas V SDN 22 Kampung Luar Salido Pesisir Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU, MODEL KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:56
Last Modified: 26 Jan 2022 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36491

Actions (login required)

View Item View Item