Hubungan Self Disclosure di Media Sosial dengan Bullying Siswa SMA

Rahmadhani, Yanita Putri (2021) Hubungan Self Disclosure di Media Sosial dengan Bullying Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_YANITA _PUTRI_RAHMADHANI_17006112_1292_2021.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Bullying merupakan tindakan agresi yang dilakukan secara berulang dan memiliki tujuan menyakiti baik secara fisik maupun psikologis. Tindakan bullying seharusnya tidak terjadi dikalangan pelajar. Kenyataannya di sekolah masih ada siswa yang melakukan tindakan bullying. Bullying yang terjadi di kalangan pelajar, akibat dari self disclosure yang negatif di media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan self disclosure di media sosial (2) mendeskripsikan bullying siswa, (3) hubungan antara self disclosure di media sosial dengan bullying siswa SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA N 1 Luhak Nan Duo yang berjumlah 598 siswa. Penarikan sampel menggunakan teknik Proportional Random Sampling dan diperoleh sampel sebanyak 271 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket dan menggunakan skala model Likert. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan untuk menguji hubungan data dianalisis menggunakan rumus statistik Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara umum self disclosure di media sosial berada pada kategori sedang, (2) secara umum bullying siswa berada pada kategori sedang, (3) terdapat hubungan positf yang signifikan antara self disclosure di media sosial dengan bullying siswa SMA. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan guru BK memberikan bantuan kepada siswa berupa layanan informasi mengenai dampak negatif akibat tindakan mencemooh teman yang mengupload harta bendanya di media sosial, cara bermedia sosial yang baik dan untuk mengentaskan permasalahan korban dengan memberikan layanan konseling individual dan konseling kelompok serta pelaku diberikan layanan konseling individual dan bimbingan kelompok, sehingga untuk mengurangi terjadinya bullying siswa, maka self disclosure negatif di media sosial harus dikurangi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:56
Last Modified: 26 Jan 2022 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36490

Actions (login required)

View Item View Item