Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Disertai Vee Map untuk Pesera Didik Kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir

Wilandari, Putri Ayu (2021) Pengembangan Penuntun Praktikum Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing Disertai Vee Map untuk Pesera Didik Kelas X SMAN 1 Ranah Pesisir. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_PUTRI_AYU_WILANDARI_18177048_5620_2021.pdf

Download (591kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil investigasi awal yang dilakukan dengan angket dan mewawancarai guru, diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran biologi belum tersedia dan adanya penuntun praktikum yang tersusun sistematis. Diketahui bahwa penuntun praktikum yang digunakan peserta didik di sekolah hanya menggunakan LKS yang berisikan teori dan tidak memiliki lembar kegiatan praktikum. Pada kegiatan praktikum peserta didik masih cendrung pasif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa peserta didik membutuhkan penuntun praktikum yang sesuai dengan kebutuhan belajarnya, mudah dipahami dan mampu membimbing peserta didik dalam memahami prosedur kegiatan praktikum. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan penuntun praktikum biologi berbasis pendekatan inkuiri terbimbing disertai vee map yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, yaitu investigasi awal, pengembangan dan pembuatan prototipe, dan penilaian. Subjek penelitian ialah peserta didik kelas X MIA SMAN 1 Ranah Pesisir pada mata pelajaran biologi semester I tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum biologi yang dikembangkan, menurut expert review telah memenuhi kriteria didaktik, konstruk, dan teknis dengan kategori sangat valid. Hasil penilaian praktikalitas oleh guru dan peserta didik diperoleh nilai sangat praktis, karena telah memenuhi kriteria kemudahan dalam penggunaannya. Hasil uji efektifitas menunjukkan bahwa efektif pada kompetensi afektif, psikomotor, dan kognitif peserta didik. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum biologi berbasis pendekatan inkuiri terbimbing disertai vee map yang dikembangkan untuk peserta didik kelas X SMA semester I dinyatakan valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:56
Last Modified: 26 Jan 2022 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36489

Actions (login required)

View Item View Item