Pengaruh Model Polya terhadap Hasil Belajar Soal Cerita Volume Kubus dan Balok Pada Kelas V SD Negeri Wilayah II Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman.

Khairani, Juwita (2021) Pengaruh Model Polya terhadap Hasil Belajar Soal Cerita Volume Kubus dan Balok Pada Kelas V SD Negeri Wilayah II Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_JUWITA_KHAIRANI_17129147_2859_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Dalam penelitian ini, latar belakang yang ditemukan peneliti berdasarkan realita di Kelas V SD Negeri Wilayah II Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman adalah siswa kesulitan dalam memahami informasi soal, serta guru kurang mengarahkan langkah-langkah yang sesuai dengan tahap penyelesaian masalah soal cerita dan model yang digunakan guru kurang sesuai dengan materi yang diajarkan, sehingga jawaban yang ditulis siswa beragam yang berdampak pada rendahnya hasil belajar soal cerita volume kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh penggunaan model Polya terhadap hasil belajar soal cerita volume kubus dan balok di kelas V SDN Wilayah II Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik simple random sampling. Kelas V A SDN 19 Ambacang Anggang sebagai Kelompok Eksperimen dan kelas V B SDN 19 Ambacang Anggang sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu tes Uraian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji persyaratan berupa uji normalitas dan homohenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model Polya terhadap hasil belajar soal cerita volume kubus dan balok pada kelas V SD Negeri wilayah II Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t (t-test) dengan taraf signifikan 5% diperoleh thitung = 5,66 > ttabel = 2,144. hasil belajar soal cerita volume kubus dan balok yang diperoleh kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol ditunjukkan dari rata-rata kelas kontrol 63,94 dan rata-rata kelas ekperimen = 84,75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MODEL POLYA, HASIL BELAJAR, KESULITAN BELAJAR
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 26 Jan 2022 06:56
Last Modified: 26 Jan 2022 06:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36488

Actions (login required)

View Item View Item